Simak, WHO Sampaikan Kabar Baik untuk Indonesia

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
04 December 2021 18:20
WHO (Reuters)

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membawa kabar gembira bagi Indonesia. Ini terkait dengan kasus pandemi Covid-19.

Dalam laporannya, WHO menyebutkan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia terpantau terkendali bahkan sejak Agustus 2021. Turunnya kasus terinfeksi terjadi diseluruh wilayah secara signifikan.

Meski demikian, Indonesia tetap harus melihat berbagai risiko penyebaran dan kemungkinan munculnya klaster Covid-19. Indonesia diminta tetap berhati-hati dan waspada.


"Sangat penting bagi setiap tingkat administratif untuk memantau dengan cermat setiap klaster yang mungkin memastikan respon yang cepat dan penahanan potensi wabah," tulis WHO, dikutip Sabtu (4/12/2021).

Selain itu, WHO menyebutkan bahwa sejak pertengahan Mei lalu jumlah testing Covid-19 di Indonesia sudah menyentuh target yang diberikan WHO, bahkan lebih tinggi.

"Tingkat testing lebih dari 1 per 1.000 populasi per minggu telah dipertahankan dalam sebelas pekan terakhir. Angkanya lebih dari 4 per 1.000 penduduk per minggu," sebut WHO.

"Sangat penting untuk memastikan kelanjutan dari strategi pengujian yang ketat untuk mengidentifikasi kasus Covid-19 dengan cepat di antara kasus suspek dan kontak dekat," jelasnya.

WHO juga menyebut bahwa angka positivity rate Indonesia telah menurun dalam 10 pekan terakhir. Meskipun ini menjadi kabar baik, namun Indonesia diminta tidak lengah.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading