Keuntungan & Yang Harus Diperhatikan Dari Layanan PayLater

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
03 December 2021 10:00
Ilustrasi Gopay

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan Buy Now Pay Later (BNPL) semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir, terutama selama masa pandemi COVID-19. BNPL memungkinkan berbelanja dan bayar belakangan.

Sistem paylater memfasilitasi perencanaan angsuran untuk pembeli pada checkout sistem point-of-sale (POS). Pinjaman mini ini seringkali bebas bunga, asalkan nasabah melunasi dalam jangka waktu yang ditentukan.

Dengan kemudahan yang ditawarkan layanan PayLater semakin banyak dipilih masyarakat, karena juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Salah satunya seperti meningkatkan modal usaha, hingga membeli keperluan yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan.


Ketua Satgas Waspada Investasi, OJK, Tongam Tobing mengatakan tujuan didirikannya perusahaan Fintech lending atau pinjaman online sebenarnya untuk membantu masyarakat. Adapun tujuan tersebut untuk menjembatani masyarakat yang sulit mendapatkan akses pendanaan dari sektor keuangan formal untuk membiayai usahanya, seperti misalnya tidak bisa ke bank karena unbankable.

"Hanya saja karena ulah pihak tertentu yang menyalahgunakan pinjol untuk kejahatan sehingga merusak citra baik kehadiran pinjol. Agar tidak menjadi korban pinjol ilegal, masyarakat sebaiknya lebih bijak saat meminjam. Lakukan pinjaman online hanya di fintech yang legal. Usahakan meminjam sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar serta digunakan untuk kepentingan produktif dan mendorong ekonomi keluarga," jelas Tongam.

Untuk itu, dalam memilih layanan BNPL, calon pengguna bisa terlebih dahulu mengecek legalitas penyedia layanan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui telepon Kontak OJK 157 (WA 081157157157) atau di website OJK. Informasi mengenai daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas berwenang juga dapat diakses melalui Investor Alert Portal pada www.sikapiuangmu.ojk.go.id.

Salah satu layanan BNPL yang jelas dan ringan yakni GoPayLater yang disediakan oleh Findaya. Ini merupakan layanan pembayaran akhir bulan dari GoPay. GoPayLater tidak menggunakan sistem bunga, melainkan biaya langganan tetap setiap bulannya. Pengguna hanya dikenakan biaya langganan jika menggunakan GoPayLater. Jika pengguna tidak menggunakan GoPayLater pada bulan ini, maka pengguna tidak perlu membayar apa pun.

Selain itu, saat ini GoPayLater dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran akhir bulan di Gojek, Tokopedia, dan mitra GoPay lainnya. GoPaylater juga satu-satunya yang memiliki opsi Pick Your Limit. Pengguna bisa mengontrol pengeluaran dengan set limit sesuai kemampuan setiap bulannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

GoPay Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Belanja Bagi Usaha Lokal


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading