Makin Panas! Xiaomi Serius Tantang Tesla di Mobil Listrik

Tech - Novina Putri Bestari & Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 November 2021 16:40
Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun menghadiri upacara peluncuran telepon unggulan baru Xiaomi Mi 9 di Beijing, Cina 20 Februari 2019. (REUTERS / Jason Lee)

Jakarta, CNBC Indonesia - Xiaomi makin serius untuk masuk ke industri mobil listrik. Sebab berdasarkan pengumuman pemerintah, perusahaan itu sedang membangun pabrik kendaraan listrik pertamanya di pinggiran Beijing.

Pada hari Sabtu lalu, Xiaomi menandatangani kesepakatan dengan komite pengembangan ekonomi-teknologi Beijing. Tujuannya membuat proyek mobil di Yizhuang, pinggiran Beijing.

Dilaporkan jika pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun serta presiden perusahaan Wang Xiang hadir dalam penandatangan kontrak tersebut. Pejabat pemerintah juga turut serta menyaksikan acara itu.


Menurut perjanjian, pabrik mobil itu akan dibangun dalam dua tahap. Masing-masing tahap memiliki kapasitas produksi tahun sebesar 150 ribu unit.

Sementara untuk kendaraan listrik pertama diharapkan debut tahun 2024 mendatang, dikutip South China Morning Post, Senin (29/11/2021).

Pembangunan pabrik itu juga mencakup kantor pusat bisnis mobil Xiaomi. Selain itu ada pusat penjualan dan pusat R&D. Perusahaan itu tak mengungkap jumlah uang yang dihabiskan untuk konstruksi pabrik mobilnya.

Xiaomi memang terlihat serius untuk jadi pemain EV, setelah mengumumkan pada bulan Maret akan terjun ke industri tersebut di China. Perusahaan bergabung dengan raksasa teknologi China lain yang masuk ke pasar mobil negara tersebut, yakni Huawei Technologies dan Baidu.

Saat melakukan pengumuman itu, Xiaomi menambahkan akan menginvestasi uang sebanyak US$10 miliar. ini untuk proyek EV dalam 10 tahun ke depan.

Sementara pada musim panas, Xiaomi melakukan akuisisi perusahaan teknologi pengemudi otonom, Deep Motion. Jumlah uang yang digelontorkan senilai US$77,4 juta.

Awal minggu ini, Wang memastikan bisnis mobil Xiaomi sesuai dengan rencana. Perusahaan juga merekrut lebih dari 500 pekerja baru untuk proyek ambisius tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading