Empat Fitur Keamanan Baru di Apple iPhone iOS 15, Udah Tahu?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 November 2021 19:40
FILE PHOTO - An Apple iPhone 7 and the company logo are seen in this illustration picture taken in Bordeaux, France on February 1, 2017.    REUTERS/Regis Duvignau/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple sudah merilis iOS 15 pada September lalu. Pembaruan ini juga membawa pengembangan beberapa aspek keamanan untuk perangkat Apple.

Berikut empat fitur yang memiliki pengembangan keamanan pada iOS 15, dikutip Cnet, Rabu (24/11/2021):

1. Siri Lebih Aman dengan Proses Audio dalam Perangkat


Apple mengatakan salah satu masalah privasi terbesar untuk asisten suara akan hilang berkat iOS 15. Siri tidak akan lagi mengirimkan pemrosesan ke server.

iOS 15 membuat suara akan diproses di dalam perangkat, karena adanya speech recognition pada perangkat.

Apple mengatakan iPhone dan iPad akan memanfaatkan kekuatan pemroses pada perangkat untuk menganalisa ucapan. Artinya Siri tidak lagi perlu terhubung dengan internet untuk berfungsi.

2. Laporan Akses Aplikasi Pihak Ketiga pada App Privacy

Pengguna iPhone akan mendapatkan laporan App Privacy yang berada di Safari. Ini berisi gambaran umum cara aplikasi memperlakukan privasi para pengguna.

Dalam laporan akan terlihat kapan aplikasi meminta mengakses fitur dalam ponsel seperti kamera dan mikrofon. Selain itu juga dapat memantau di mana dan siapa yang dibagikan data dalam tujuh hari terakhir.

3. Perlindungan Privasi Safari dan Mail

Fitur perlindungan Mail Privacy akan membatasi jumlah data yang dikumpulkan pengirim saat membuka email promosi atau buletin di Mail. Secara khusus, fitur akan memberi opsi menyembunyikan alamat IP pengguna jadi tidak bisa ditautkan ke aktivitas online lain atau menentukan lokasi mereka.

Fitur ini juga bisa memblokir email spam marketing saat mempelajari aktivitas email atau internet.

4. Fitur Relai iCloud Plus Enkripsi Trafik Web

Apple mengumumkan pelanggan berbayar iCloud Plus mendapatkan sejumlah fitur privasi terbaru. Salah satunya dari fitur relai pribadi Safari.

Fitur ini didesain untuk menyembunyikan perilaku penelusuran web individu dari para pengiklan dan penyedia layanan internet.

Caranya dengan mengenkripsi trafik yang meninggalkan perangkat Apple. Dengan begitu tidak bisa dihentikan oleh pihak ketiga termasuk oleh Apple sendiri, dan akan membaca yang dicari.

Fitur kedua adalah sembunyikan email. Cara ini membuat pengguna bisa memasukkan email dibuat secara acak saat mendaftar suatu layanan online. Namun dengan fitur tersebut akan mengirimkan apapun yang dikirim langsung ke akun sebenarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading