Simak! Ini 5 Pekerjaan Paling dicari di Indonesia Saat Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 November 2021 13:15
Ilustrasi pekerja kantoran wfh. (Dok: Freepik) Foto: Ilustrasizaman sekarang. (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bambang Brodjonegoro yang pernah menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi, menjelaskan ada lima pekerjaan yang dibutuhkan di Indonesia.

Seluruh pekerjaan ini berhubungan dengan teknologi digital. Kelima pekerjaan ini adalah:

  • back end developer
  • front end developer
  • android developer
  • full stock developer
  • data scientist.

Bambang menyoroti salah satunya yakni data scientist, yang dia sebut menjadi sangat populer di Indonesia. Sebab banyak orang yang membicarakan soal data saat ini.


"Saya pikir salah satu yang menarik adalah data scientist. Jenis pekerjaan baru ini menjadi sangat populer di Indonesia saat ini. Karena semua orang membicarakan mengenai data, big data," kata Bambang dalam diskusi online Talent Gap in Digital Economy Era, dikutip Rabu (24/11/2021).

"Bukan hanya mengakses big data, namun bagaimana mengelola data itu sendiri, seperti bisnis data center dan aplikasi lain khususnya artificial intelligence yang bergantung pada ketersediaan big data".

Dia menambahkan data menjadi sangat krusial saat ini. Apabila Indonesia bisa melakukan transformasi digital dengan cepat, menurutnya bisa bersaing dengan negara lain seperti di Asean.

"Jadi data menjadi sangat krusial. Saya pikir jika Indonesia bisa mengakselerasi kecepatan pada transformasi digital bisa berkompetisi dengan negara lain di Asean dan negara lain di dunia," jelas Bambang.

Sementara itu Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta di bidang digital per tahunnya. Pada 2030, Indonesia membutuhkan lebih 17 juta talenta digital.

Kebutuhan ini sangat besar dan menurut Komisaris Bukalapak ini, pemerintah bersama perusahaan mencari cara cepat untuk mengisi jumlah tersebut.

"Pemerintah perlu mencari cara bersama dengan perusahaan digital dan startup untuk menemukan cara tercepat memenuhi perbedaan tersebut," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading