Heboh Asteroid Raksasa Menuju Bumi, Tiba Desember?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 November 2021 10:20
Tentang dua asteroid yang mendekati Bumi (NASA). (Ist) Foto: Tentang dua asteroid yang mendekati Bumi (NASA). (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah asteroid raksasa disebut sedang menuju Bumi. Kabarnya asteroid berukuran Burj Khalifa ini akan tiba bulan Desember mendatang.

NASA menyebut asteroid 2003 SD220 berukuran 791 meter. Namun juga bisa jauh lebih besar atau sekitar 2 km panjangnya dari pengamatan di Observatorium Arecibo di Puerto Rico pada tahun 2015 lalu.

Namun kemudian NASA datang dengan ukuran yang berbeda yakni 1,6 kilometer. Pada akhirnya badan antariksa Amerika Serikat (AS) itu memutuskan ukurannya berdiamter 791 meter, dikutip dari Jerusalem Post, Selasa (23/11/2021).


Dilaporkan asteroid akan terbang melewati Bumi pada 17 Desember 2021. Saat itu terjadi jaraknya 5,4 juta kilometer dari Bumi dengan kecepatan 5,6 km/s.

Jaraknya cukup jauh jika dibandingkan dengan Bumi dan Bulan yakni 385 ribu km dan nampaknya tidak menimbulkan ancaman bahaya bagi penduduk planet ini. Namun obyek tersebut diklasifikasikan sebagai Potentially Hazardous Asteroid (PHA) atau asteroid berpotensi berbahaya.

Asteroid tersebut masuk klasifikasi PHA karena ukuran dan jaraknya yang disebut dekat dengan Bumi. Bahkan menurut NASA, Bumi akan terus aman dalam 100 tahun ke depan dari ancaman asteroid.

Asteroid masuk dalam kelas Aten, yakni orbitnya bersilangan dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari. Namun benda antariksa tersebut menghabiskan sebagian besar waktunya berada di dalamnya, yang kemungkinan bisa menyerang Bumi kapanpun di masa depan walaupun saat ini menurut perhitungan belum jadi masalah.

Sementara itu dalam pemberitaan lain, eksplorasi asteroid akan dilakukan oleh Uni Emirat Arab yang mengumumkan rencana misi barunya. Dengan begitu menjadi negara Arab pertama yang akan berhasil mendaratkan pesawat antariksa di asteroid.

Misi tersebut rencananya akan meluncur tahun 2028. Direncanakan akan ada waktu pengembangan selama tujuh tahun untuk pesawat ruang angkasa, misi tersebut melihat UEA menjelajahi Venus dan tujuh asteroid serta puncaknya pada pendaratan tahun 2033.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading