Menkes: Stok Vaksin 50 Juta, Masih Cukup Satu Bulan Lagi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 November 2021 17:45
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dalam konfrensi Pers terkait “Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, 22 Nov 2021 (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan masih ada 50 juta stok vaksin Covid-19. Jumlah tersebut cukup selama satu bulan mendatang.

Dia menjelaskan jika stok vaksin di Indonesia ada 287 juta dosis. Sementara itu sudah didistribusikan ke daerah sebanyak 273 juta dosis.

"Stok vaksin kita ada 287 juta dosis, 273 juta sudah dikirim ke daerah, 50 juta stok vaksin cukup satu bulan," kata Budi, Senin (22/11/2021).


Dia menjelaskan per Minggu (21/11/2021), sudah 225 juta dosis yang diberikan kepada masyarakat Indonesia. Dosis pertama telah diterima 134,5 juta orang dan 89,3 juta orang dosis kedua.

Menurutnya selama tiga minggu terakhir terdapat penurunan laju suntikan, yang biasanya dua juta perhari. Budi mengatakan hal ini karena beberapa alasan.

Salah satunya vaksin Sinovac menurun dan diganti dengan vaksin lain seperti AstraZeneca dan Pfizer. Dia mengingatkan jika kedua vaksin sama amannya.

"Dua vaksin sama amannya, efikasi lebih tinggi. Tapi karena baru masyarakat masih ragu," ungkapnya.

Masyarakat, khususnya para lansia yang belum divaksin diminta untuk mau divaksin apapun jenisnya. Dia meminta jangan sampai kenaikan kasus di Eropa terjadi juga di Indonesia.

"Memang ada demam, sama seperti vaksin cacar waktu kecil ada demam. Tidak usah khawatir vaksin-vaksin ini terbukti aman. Jangan sampai terjadi di Eropa terjadi di Indonesia," kata Budi.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading