Potensi Kenaikan Kasus Covid, Menkes Pantau Ketat 19 Kota

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 November 2021 17:40
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dalam konfrensi Pers terkait “Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, 22 Nov 2021 (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden) Foto: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dalam konfrensi Pers terkait “Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, 22 Nov 2021 (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melakukan pemantauan pada kota-kota yang mengalami kenaikan kasus Covid-19. Ada 19 kota yang dimonitor secara ketat, termasuk Fakfak dan Purbalingga yang mengalami kenaikan kasus 4 minggu berturut-turut.

"Dua kota Fakfak dan Purbalingga kita lihat 4 minggu berturut-turut ada kenaikan kasus konfirmasi. Walaupun memang jumlahnya masih kecil, positivity rate, bor Rumah Sakit rendah," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Senin (22/11/2021).

Sementara itu Lampung Utara juga masuk dalam pemantauan. Sebab wilayah itu mengalami kenaikan kasus selama tiga minggu berturut-turut.


Untuk wilayah yang mengalami peningkatan kasus selama dua minggu berturut-turut ada 16 kota. Jadi total yang dipantau ketat Kemenkes ada 19 kota.

Budi mengatakan kota-kota tersebut harus memperbaiki tracing dan testing. Menurutnya dua aspek itu mulai menurun di kota-kota tersebut.

"Mengimbau pimpinan daerah agar selalu menjaga disiplin testing dan tracing, penting mencegah ada gelombang baru," jelasnya.

Budi menjelaskan saat Rapat Terbatas, dia melaporkan Eropa mengalami kenaikan kasus. Dia mengatakan kenaikan tersebut hampir semua disebabkan varian Delta atau turunannya.

Sementara itu ada sejumlah negara yang juga mengalami kasus yang melandai setelah diterjang varian Delta. Salah satunya adalah India yang 195 hari melandai setelah varian tersebut merebak di negara tersebut.

"Contohnya India puncaknya terkena Delta setelah 195 hari, Afrika Selatan melandai 134 hari, Indonesia 124 hari, Moroko 101 hari, dan Jepang 86 hari," kata Budi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading