Catat! Ini Jadwal FYP Tiktok Agar Konten Video Kamu Populer

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
15 November 2021 15:35
FILE - This Feb. 25, 2020, photo shows the icon for TikTok taken in New York. India is banning 59 apps with Chinese links, saying their activities endanger the country’s sovereignty, defense and security. India’s decision comes as its troops are in a tense standoff with Chinese soldiers in eastern Ladakh in the Himalayas that started last month. India lost 20 soldiers in a June 15 clash. The government says the banned apps include TikTok, UC Browser, WeChat and Bigo Live, as well as the e-commerce platforms Club Factory and Shein, that are used in mobile and non-mobile devices connected to the Internet.(AP Photo, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - TikTok adalah salah satu media sosial yang sedang populer di tengah-tengah masyarakat. Dari DataReportal, hingga Januari 2021, tercatat jumlah pengguna aktif aplikasi ini mencapai 689 juta.

Platform ini menjadi wadah untuk meraih keuntungan dengan saling bersaing dalam membuat konten untuk mengembangkan audiens.

TikTok dikenal dengan sistem For You Page atau FYP yang cukup unik. Dengan sistem ini, para kreator pemula hingga profesional memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan popularitas melalui FYP.

Melalui FYP, para pemilik akun memiliki peluang besar untuk menjangkau orang-orang baru. Tentunya ini sangat menguntungkan apalagi jika bertujuan untuk berbisnis.

Kapan Jadwal FYP TikTok?

Upload konten di TikTok pasti bertujuan untuk FYP. Namun, walaupun semua kreator hingga kreator kecil memiliki kesempatan, membuat konten agar FYP ternyata tidak semudah itu.

Influencer Marketing Hub melakukan penelitian pada jadwal FYP TikTok. Mereka menganalisis 100 ribu unggahan konten TikTok untuk mengidentifikasi waktu terbaik agar video FYP. Ini dia jadwalnya:

Senin: 09.00 WIB, 17.00 WIB, 21.00 WIB

Selasa: 13.00 WIB, 15.00 WIB, 20.00 WI

Rabu: 18.00 WIB, 19.00 WIB, 22.00 WIB

Kamis: 06.00 WIB, 20.00 WIB, 23.00 WIB

Jumat: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB

Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB

Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

Jika dirangkum, dapat dilihat bahwa potensi agar video FYP ada pada jam-jam santai, bukan di jam-jam sibuk. Seperti saat jam istirahat, jam pulang kantor, jam 10-11 malam di mana orang menutup semua kesibukan.

Seperti pada hari Minggu, di mana banyak orang-orang yang libur di hari tersebut. Pastinya kesempatan untuk mendapatkan banyak audience akan meningkat.

Tapi, di samping mengupload konten dengan jam yang sesuai, Anda juga harus memperlihatkan kualitas konten. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan agar konten bisa FYP adalah seperti di bawah ini:

1. Menggunakan hashtag populer dan sesuai dengan konten.
2. Memanfaatkan lagu atau trend yang sedang populer.
3. Buat konten yang relate dengan kehidupan sehari-hari atau konten yang out of the box.
4. Memahami segmentasi akun Anda.
5. Mengetahui tema besar dari akun TikTok Anda. Contoh, akun TikTok Anda akan selalu memposting tentang kecantikan, keuangan, karir atau yang lainnya.
6. Konsisten dan rajin membuat konten.

Itu dia pembahasan mengenai jadwal fyp TikTok dan tips untuk mengoptimalkan karya video Anda yang akan diupload di platform media sosial hits satu ini.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading