Sudah Lama Bersembunyi, Ternyata Alien Pantau Bumi dari Sini!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 November 2021 07:25
Attendees wear space travel and alien themed costumes as an influx of tourists responding to a call to 'storm' Area 51, a secretive U.S. military base believed by UFO enthusiasts to hold government secrets about extra-terrestrials, is expected in Rachel, Nevada, U.S. September 19, 2019. REUTERS/Jim Urquhart     TPX IMAGES OF THE DAY

Jakarta, CNBC Indonesia - Kehidupan Bumi kabarnya dipantau dari planet lain. Sebuah penelitian menemukan alien dapat memantau Bumi dari puluhan planet yang tersebar di luar angkasa. Ini ditemukan oleh sebuah penelitian dari dua astronom asal Amerika Serikat (AS).

Temuan itu berasal dari asumsi adanya bayangan samar saat para planet melewati pusat tata suryanya. Cara yang sama digunakan untuk mengetahui keberadaan kehidupan lain selain Bumi di luar angkasa.

"Salah satu cara kita menemukan planet adalah jika mereka menghalangi sebagian cahaya dari bintang induknya," sebut Direktur Institut Carl Sagan Universitas Cornell Lisa Kaltenegger, dilansir dari Global News, Selasa (9/11/2021).

Dia menambahkan, sejumlah sistem bintang di luar sana menganggap Bumi sebagai planet transit. "Kami bertanya, 'Untuk siapa kita menjadi alien, jika orang lain mencari?'. Nah ada sepotong kecil di langit di mana sistem bintang lain memiliki kursi depan kosmik untuk menemukan Bumi sebagai planet transit."


Penelitian ini berhasil menemukan 1.715 planet dan membuat daftar lebih pendek menjadi 46 sistem bintang. Berikutnya daftar dikerucutkan lagi menjadi sistem bintang paling dekat dengan Bumi yang bisa mendengarkan siara radio dan TV.

Kepada NPR News, ilmuwan senior American Museum of National History, Jackie Faherty mengatakan penggunaan bintang dengan jarak terdekat dengan Bumi adalah sesuatu yang menarik.

"Kami ingin menggunakan bintang terdekat. Ketika datang untuk menjelajahi dunia, yang terdekat dengan kita akan menjadi yang paling menarik," kata Jackie.

Salah satu planet yakni Ross 128B dikabarkan telah menemukan Bumi. Sementara dua lagi yakni Bintang B dan C Teegarden dikabarkan akan dapat menemukan Bumi dalam 29 tahun lagi.

Namun kabarnya banyak pemikir serta fisikawan teoritis dan kosmolog, Stephen Hawking tidak suka dengan pencarian alien. Mereka melarang manusia untuk melakukan kontak dengan makhluk tersebut.

Sebab ada kemungkinan alien juga tidak menyukai mendengar kabar dari manusia. Selain itu mereka memilih diam sebab menghindari ancaman kehidupan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading