Hati-hati! Daerah Ini Diguyur Hujan Lebat & Petir Hari Ini

Tech - Bramudya Prabowo, CNBC Indonesia
07 November 2021 14:30
BMKG (Dok. BMKG)

Jakarta, CNBC Indonesia - Curah hujan tinggi kerap kali melanda di hampir seluruh wilayah di Indonesia beberapa pekan ini. Atas kondisi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pun mengeluarkan peringatan dini perkiraan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada hari ini (07/11/21).

Sejumlah wilayah yang disebutkan oleh BMKG dalam situs nya, mulai dari Aceh Singkil, Subulussalam, Banda Aceh, Bireun, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Tamiang, Aceh Besar, Pidie Jaya, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Pantai Ceuremen, Leupung dan sekitarnya.

Pada sebelumnya, BMKG juga memperingatkan terkait adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Laut Natuna, Samudra Hindia barat Lampung dan di sekitar Kalimantan bagian Selatan.


Kondisi ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang di sekitar Laut Natuna, dari Kep. Riau hingga Selat Karimata, dari perairan selatan Banten hingga perairan barat Lampung, dari Selat Makassar hingga Kalimantan Selatan.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari perairan barat Bengkulu hingga Lampung, dari Jambi hingga Kep. Bangka Belitung, dari Laut Jawa hingga Kalimantan Tengah bagian selatan, dari Jawa Barat bagian selatan hingga perairan utara Banten, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur, dari Bali hingga Jawa Timur, dari Sulawesi bagian tengah hingga Sulawesi Selatan dan di Papua bagian tengah.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading