Internasional

Ancaman Mengerikan Selain Covid Nyata, Asia Bisa Tenggelam

Tech - Savira Wardoyo, CNBC Indonesia
06 November 2021 14:00
Icebergs are seen at the Disko Bay close to Ilulisat, Greenland, September 14, 2021. REUTERS/Hannibal Hanschke

Jakarta, CNBC Indonesia - Perubahan iklim jadi ancaman yang disebut lebih menakutkan dari pandemi Covid-19. Kabarnya krisis iklim ini bisa membuat Asia bisa terendam karena ada kenaikan air laut.

Dalam laporan Environmental Research Letters, para peneliti mengatakan air laut akan naik dalam waktu berabad-abad mendatang. Kota-kota akan terendam air laut nantinya.


Peneliti menyebut salah satu wilayah yang akan mendapat dampak buruknya adalah Asia. "Benua itu menyumbang sembilan dari 10 kota besar dengan risiko tinggi," tulis AFP, dikutip Sabtu (6/11/2021).

Sejumlah wilayah di Asia masuk dalam risiko terbesar. Misalnya rumah untuk setengah populasi Bangladesh dan Vietnam ada di bawah garis pasang tinggi dalam jangka panjang, bahkan untuk dunia.

Ada juga wilayah China dan India. Indonesia juga disebut menghadapi ancaman serupa.

Ancaman kenaikan permukaan laut dan risiko pada wilayah tersebut terjadi hingga akhir abad ini. Tercatat kenaikan air laut berkisar setengah meter hingga dua kali lipat. Namun itu bergantung pada seberapa cepat berkurangnya polusi karbon.

Air laut juga tetap akan naik setelah tahun 2100. Sebab akan diisi oleh lapisan es yang mencair, panas yang terperangkap di laut, hingga dinamika air memanas. Ini bahkan terjadi saat penurunan emisi gas rumah kaca diturunkan.

Sementara itu, saat ini KTT iklim COP26 masih berlangsung di Glasgow, Skotlandia hingga 12 November. Ini merupakan upaya negara-negara dunia untuk menjaga suhu bumi agar tidak di atas 1,5 derajat celcius.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prediksi Menakutkan Ancaman yang Lebih Ngeri dari Covid-19


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading