Bahaya! 8 Aplikasi Android Ini Bisa Bikin Kamu Jatuh Miskin

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 November 2021 13:02
Infografis: Mengenal Joker, Virus yang Curi data & Uang Pengguna Android

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbagai aplikasi telepon seluler dari Android kini semakin banyak ditawarkan. Para developer juga berusaha untuk membuat produk-produk mereka sederhana dan hemat data.

Kendati demikian, ternyata ada delapan aplikasi yang ditemukan dapat merampok data hingga uang tanpa disadari para korbannya. Peringatan tersebut dikeluarkan oleh Kepolisian Belgia beberapa waktu lalu.


Aparat menemukan seluruh aplikasi terinfeksi oleh virus jahat bernama Joker. "Program jahat ini telah terdeteksi pada delapan aplikasi di Play Store yang telah ditekan oleh Google," ujar Kepolisian Belgia seperti dikutip dari Times of India, Jumat (5/11/2021).

Virus Joker bekerja dengan membuat ponsel melakukan langganan layanan premium atau berbayar secara diam-diam. Jadi korban tak tahu uangnya dikuras habis tanpa sadar.

"Anda akan terkejut melihat tagihan pada rekening bank atau kartu kredit di akhir bulan," jelas kepolisian Belgia.

Virus Joker ditemukan pertama kali pada 2017 dan menginfeksi ribuan aplikasi di Play Store. Peneliti Quick Heal mengatakan virus tersebut akan mencuri data pengguna termasuk SMS, daftar kontak, informasi perangkat, one time password (OTP) dan lainnya.

Google dikabarkan telah tahu masalah ini dan menghapus aplikasi tersebut dari toko aplikasinya. Namun ancaman masih mengintai bagi mereka yang menginstall aplikasi tersebut dalam smartphonenya.

Bagi pengguna yang masih memiliki diimbau untuk langsung menghapus. Berikut daftarnya:

1. Auxiliary Message

2. Element Scanner

3. Fast Magic SMS

4. Free CamScanner

5. Go Messages

6. Super Message

7. Super SMS

8. Travel Wallpapers


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada! Data & Uang Bisa Dirampok 8 Aplikasi Android Ini


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading