Terungkap! Ini Cara Pinjol Tahu Nomor Ponsel Teman Peminjam

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 November 2021 11:31
Infografis/Mulai Bunga Tinggi sampai data pribadi disebar luaskan, ini Ciri-ciri pinjol ilegal/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan pinjaman uang online (pinjol) sedang tren di masyarakat. Ini merupakan alternatif termudah dan tercepat untuk mengatasi masalah keuangan.

Banyak masyarakat yang terjebak dengan janji manis dari pihak pemberi pinjaman. Namun saat tak bisa membayar, bukan hanya peminjam yang diburu tapi juga kontak telepon lain seperti teman, kerabat dan keluarga peminjam.


Lantas bagaimana pinjol bisa mendapatkan nomor ponsel Anda padahal yang meminjam adalah teman lain?

Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi pun mencoba menjelaskan fenomena ini melalui utasan di akun Twitter pribadinya. Menurutnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang mensyaratkan pinjol legal hanya boleh mengakses "Camilan" (Camera, Microphone, dan Location).

"Ada pinjol yangcomplydengan syarat ini. Tetapi ada juga yang ambil data lebih," tulisnya dalam utasannya di Twitter sembari menunjukkan pinjol legal yang mengambil data peminjam secara berlebihan, seperti dikutip Sabtu (6/11/2021).

Ismail Fahmi mengungkapkan bahwa pinjol ilegal lebih parah. Mereka mengambil data pengguna berlebihnya, mulai darihistory, contact card, storage(foto dan video)phone call, "Camilan" dan lainnya.

Namun menurutnya ini bukan lah bagian darihackers, melainkan memanfaatkan minimnya pengetahuan pengguna terhadap keamanan data



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Indonesia Darurat Pinjol Menggema di Twitter, Ada Apa?


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading