Awas! Netflix Palsu Menjamur, Beri 'Janji Manis' Konten Free

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 November 2021 07:05
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Kamu yang suka menonton film secara streaming patut berhati-hati. Sebab sebuah penelitian menemukan adanya Netflix palsu yang menawarkan pengguna layanan gratis.

Hal tersebut berdasarkan temuan perusahaan riset keamanan siber, Check Point Research belum lama ini. Perusahaan itu menemukan Netflix palsu itu berisi malware jahat dan bisa membuat rusak perangkat komputer.

Malware itu akan menyamar sebagai FlixOnline. Aplikasi akan menawarkan iklan dalam WhatsApp berisi '2 Bulan Gratis Netflix Premiun Dimanapun untuk 60 hari', dikutip Threat Post, Selasa (2/11/2021).


"Aplikasi tersebut ternyata layanan palsu yang mengklaim memungkinkan pengguna bisa menonton konten Netflix dari seluruh dunia di ponsel mereka," kata laporan itu.

Ternyata pesan itu berisi malware yang akan mencuri data dan kredensial korbannya. Aplikasi juga disebut bisa memantau notifikasi WhatsApp, mengirimkan balasan otomatis pada pesan masuk. Malware dalam Netflix palsu juga bisa mengirimkan pesan sendiri pada kontak personal dan grup.

Menurut Manajer Mobile Intelligence Check Point, Aviran Hazum, teknik malware tersebut terbilang cukup baru dan inovatif. Caranya membajak koneksi WhatsApp dan mengambil notifikasi.

"Teknik di sini adalah membajak koneksi WhatsApp dengan menangkap notifikasi, bersamaan dengan kemampuan untk mengambil tindakan seperti 'dismiss' atau 'reply' dari Notification Manager," kata dia.

Aplikasi ini disebut berada di Google Play Store. Aviran mengatakan aplikasi dapat lolos dari keamanan toko aplikasi tersebut adalah hal berbahaya.

Berdasarkan laporan Check Point, telah ada 500 korban FixOnline selama dua bulan. Google juga diberitahu keberadaan apalikasi jahat itu. Raksasa teknologi itu juga telah menindaknya dengan menghapus FlixOnline dari platformnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alasan Netflix Garap Game Online Saat Streaming Film Stagnan


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading