Selain Sinovac, Ini Calon Vaksin Covid Bagi Anak 6-11 Tahun

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 November 2021 15:09
Kepala Badan POM Penny Lukito saat konferensi pers Penerbitan EUA Comirnaty (Vaksin COVID-19 Pfizer) (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) bagi anak berusia 6-11 tahun. Vaksin lainnya apa?

Ketua BPOM Penny Lukito menambahkan vaksin Pfizer sudah memberikan izin penggunaan darurat dari Food and Drugs (FDA) Amerika Serikat (AS) pada 29 Oktober 2021. Ini bisa membantu untuk mempercepat keluarnya izin.

"Say kira kita sudah punya mekanisme reliance, tentu kami dengan cepat akan memberikan izin penggunaan. Kamu hanya membutuhkan pihak Pfizer untuk mendaftar ke BPOM untuk vaksin Covid-19 anaknya. Kami proaktif mengejarnya untuk memberikan beberapa alternatif," ujarnya dalam konferensi pers digital di Jakarta, Senin (1/11/2021).


Penny Lukito menambahkan saat ini BPOM juga sedang mengkaji vaksin Sinopharm untuk disuntikkan pada anak. Masih menunggu kelengkapan data karena data diberikan secara bertahap.

"Masih menunggu beberapa data dan bisa dilakukan secara dekat. Vaksin Sinopharm di Indonesia dikelola Kimia Farma," jelasnya.

BPOM baru saja memberikan izin pakai darurat vaksin Sinovac kepada anak. Berdasarkan data uji klinis pada aspek keamanan dan imonogenitas menunjukkan 96% sementara efikasi mengikuti efikasiuji klinis sebelumnya 64%.

Vaksin pada anak untuk mendukung rasa aman dan terlaksananya sekolah tatap muka di Indonesia. Agar anak tidak berpotensi menularkan Covid-19 selama proses pembelajaran.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sinopharm Setor Data Uji Vaksin Bagi Anak, Semoga Kabar Baik!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading