Stok Aman! RI Punya Persediaan 50 Juta Vaksin Covid-19

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 October 2021 18:30
Menkes Budi Gunadi Sadikin Saat Evaluasi dan Penerapan PPKM.   (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hingga saat ini, Indonesia punya stok vaksin sekitar 50 juta dosis. Sedangkan jumlah keseluruhannya adalah 248 juta dosis.

Dari jumlah tersebut 237 juta dosis sudah didistribusikan ke daerah di Indonesia. "Per hari ini 184 juta sudah disuntikan, masih ada 53 juta stok," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers online, Selasa (26/10/2021).

Dari paparan, terlihat jika hingga akhir Oktober ini akan ada total vaksin mencapai 285 juta dosis di Indonesia. Sekitar 356 juta dosis tersedia pada bulan November mendatang.


Sedangkan pada akhir tahun ini diperkirakan akan ada 428 juta dosis yang tersedia di Indonesia. Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk 208 juta orang mendapatkan dua dosis vaksin.

Sementara itu pihak Kementerian Kesehatan juga memonitor expired date dari vaksin. Produk yang berasal dari pemberian luar negeri akan menghadapi expired date dalam waktu dekat.

Salah satunya adalah AstraZeneca yang expired date nya pada akhir Oktober. Vaksin ini belum diberikan di wilayah Yogyakarta.

Menurut Budi untuk menghabiskan stok vaksin dikejar percepatan pemberian vaksinasi. Selain juga memberikan ke beberapa daerah lain.

"Beberapa disalurkan ke daerah lain kalau memang Yogyakarta tidak mampu untuk menyuntikan itu," kata Budi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sudah Divaksin Tapi Masih Kena Covid-19? Ini Penjelasan Ahli


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading