Ini Tanda-tanda Whatsapp Kamu Dibajak, Coba Cek Sekarang

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 October 2021 06:55
FILE PHOTO: A man poses with a smartphone in front of displayed Whatsapp logo in this illustration September 14, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak cara untuk melakukan kejahatan pada pengguna WhatsApp. Untuk itu pengguna perlu sangat berhati-hati saat menggunakannya.

Salah satunya adalah melakukan kegiatan pembajakan dan penyadapan pada akun pengguna. Ini bisa sangat merugikan pengguna jika terjadi pada mereka.

Beberapa waktu lalu, Siber Polri pernah membagikan tanda-tanda akun WhatsApp yang kena bajak dalam unggahannya di media sosial. Berikut ciri-cirinya:

1. Akun Mendadak Logout Sendiri dari Aplikasi

WhatsApp memang telah memiliki fitur Multidevice yang memungkinkan satu akun digunakan di banyak perangkat. Namun ini masih bersifat beta dan mungkin tidak semua pengguna mengaktifkan.

Jika kamu salah satu yang tidak menggunakannya, dan tiba-tiba akun WhatsApp keluar sendiri patut untuk waspada. Sebab ini jadi ciri-ciri akun digunakan oleh pihak lain dengan nomor ponsel yang sama seperti yang kamu miliki.

2. Pesan Telah Dibaca


Ciri lainnya adalah ada pesan yang sudah dibaca, padahal kamu tak pernah merasa membaca pesan tersebut.

3. Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Berikutnya adalah ada pesan terkirim yang kamu merasa tak pernah mengirimkannya. Jika ada tanda ini sebaiknya mulai curiga ada yang berhasil masuk ke akun WhatsApp kamu.

4. WhatsApp Web yang Tiba-tiba Aktif

Untuk mengecek ada orang lain yang menggunakan akun kamu, tekan ikon tiga titik di bagian kanan atas. Lalu pilih mode WhatsApp Web. Di dalam menu itu akan terlihat daftar aplikasi apa yang terhubung dengan akun kamu.




[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fitur Baru WhatsApp yang Bikin Akun Sulit Dibajak & Disadap


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading