Siapkan Diri dari Sekarang, Profesi Ini Bakal Diganti Robot

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 October 2021 07:35
DAL-e siap melayani konsumen yang datang ke dealer. (Dok: Hyundai Motor Group)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan teknologi dan revolusi industri 4.0 akan memberikan peran yang lebih besar pada robot dan otomasi. Bahkan beberapa pekerjaan manusia diprediksi akan digantikan oleh robot.

Hanspal dalam Opini bertajuk 'Here's Why Robots Are Actually Going to Increase Human Employment' yang dipublikasikan di laman Weforum, dikutip Senin (25/10/2021) menyebutkan pekerjaan manusia yang akan digantikan robot adalah pekerjaan yang sifatnya berulang, berketerampilan rendah, membosankan dan berbahaya.

Catatan BBC tahun 2019 dari analisis Oxford Economic, tahun 2030 mendatang ada 20 juta pekerjaan manufaktur yang dikerjakan oleh robot.


Untungnya dari otomasi dan penggunaan robot ini akan muncul 58 juta jenis pekerjaan tambahan bagi manusia. Jadi para pekerja harus memperbaharui skill dan kemampuannya agar bisa mengisi lowongan pekerjaan baru tersebut.

Simak daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh robot, dilaporkan laman Computerhope, Selasa (19/10/2021):

1. Perakitan dan pekerja Pabrik

Robot diketahui sudah bekerja di hampir seluruh pekerjaan manufaktur besar. Komputer telah diatur dapat merakit produk seperti mobil. Untuk melakukan pemrograman robot pun mudah dan tak perlu banyak teknisi terampil. Robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics juga bisa diprogram siapapun.

2. Supir Bis, Taksi, dan Truk

Ini karena teknologi otonom semakin berkembang dan meluas. Bukan tak mungkin di masa depan lebih banyak kendaraan yang menggunakan teknologi sama di seluruh dunia.

Artinya akan ada potensi kehilangan pekerjaan di beberapa sektor. Misalnya supir bis, taksi dan truk yang digantikan oleh teknologi otonom. Bahkan juga bisa merambah ke operasi kendaraan berat seperti buldozer, pengeboran dan pengangkutan pertambangan serta konstruksi.

3. Operator Telepon, Telemarketer dan Resepsionis

Dalam beberapa tahun ke depan bukan tak mungkin teknologi voice recognition menjadi lebih canggih. Ini membuat perusahaan memperkerjakan mesin dibandingkan manusia untuk bekerja sebagai operator telepon hingga telemarketer.

4. Kasir

Di beberapa tempat, kita mungkin sudah sering melihat adanya self-checkout. Jadi pelanggan bisa membayar belanjaan sendiri dengan mesin tanpa bantuan seorang kasir lagi.

Dalam pekerjaan ini mungkin manusia masih dibutuhkan. Namun hanya sebagai pengawasan operasi, dan jumlahnya tak banyak seperti dulu.

5. Teller Bank

Kemajuan teknologi, mungkin membuat orang jadi tak perlu lagi pergi bank. Termasuk dengan adanya uang digital seperti Bitcoin yang membuat banyak orang dapat bertransaksi melalui gadget yang dimiliki. Ini menggantikan aktivitas di bank yang biasanya untuk melakukan layanan setoran dan tarik tunai.

6. Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan dan Gudang

Amazon salah satu perusahaan yang telah menggantikan tugas-tugas tersebut dengan robot.

7. Pekerja Farmasi

Teknisi farmasi di sejumlah tempat sudah digantikan dengan robot. Mesin akan bertugas untuk memisahkan dan menangani resep pelanggan. Robot juga membantu mencegah kesalahan saat bekerja. Robot tak perlu banyak ruang bergerak seperti manusia. Sebab hanya menggunakan seperti lengan robot untuk bekerja.

8. Pengumpul Informasi, Analisis dan Peneliti

Pengacara e-discovery dan robot riset telah banyak ditemukan di sejumlah firma hukum. keduanya menggantikan peran paralegal dan staf lain, serta robot dapat menyisir banyak dokumen dan menemukan fakta relevan seperti data nomor ponsel dan email dengan password.

Analis keuangan juga memperkerjakan komputer yang dirancang dapat menganalisa dan menemukan pola, selain itu juga tren pada data keuangan.

9. Bartender

Bartender juga digantikan dengan sistem yang telah diprogram. Layanan seperti Briggo menggantikan manusia dengan robot untuk membuat minuman populer dan belajar membuat minuman baru.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading