Masih Ada! Keahlian Manusia yang Gak Bisa Digantikan Robot

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
16 October 2021 11:30
Deputy head of the intensive care unit Flavio Tangian, prepares a robot at 'Ospedale di Circolo' hospital, in Varese, Italy, Wednesday, April 8, 2020. Six robots will help healthcare professionals assist Covid-19 patients, one robot for every two patients to maximize monitoring and assistance. The new coronavirus causes mild or moderate symptoms for most people, but for some, especially older adults and people with existing health problems, it can cause more severe illness or death. (AP Photo/Luca Bruno)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pesatnya perkembangan teknologi membuat penyerapan angka tenaga kerja untuk sejumlah profesi menurun, bahkan terancam punah. Penyebabnya karena robot mulai dominan mengambil alih pekerjaan manusia.

Namun nyatanya saat robot masuk dunia kerja, akan timbul banyak permintaan atas pekerjaan baru. Laporan Future of Jobs Report 2020 dari World Economic Forum menyebut akan ada 85 juta pekerjaan yang tergeser dari manusia ke mesin pada 2025, namun di saat bersamaan ada 97 juta peran baru yang muncul.

"Namun jangan panik. Laporan itu memang memprediksi robot akan mencuri pekerjaan kita, tetapi lebih banyak peran yang terbuka atas pergeseran ini, 97 juta tepatnya. Ini menjadi pekerjaan di masa depan dan itu adalah kesempatan terbaik khususnya bagi profesional di awal karir," tulis laman Harvard Business Review, dikutip Sabtu (16/10/2021).


Laman tersebut juga menuliskan 20 besar peran yang bertambah dan berkurang permintaanya di seluruh industri. Ini berdasarkan laporan yang sama dari World Economic Forum.

Pada pekerjaan yang bertambah permintaan, kebanyakan mencari spesialis di bidang teknologi. Termasuk juga mencari di bidang machine learning serta otomasi.

Artinya meski ada robot dan mesin yang mengambil alih beberapa tugas, perusahaan tetap membutuhkan seseorang untuk mengoperasikan atau membetulkan mesin tersebut.

Berikut daftarnya pekerjaan tersebut:

1. Analis data dan ilmuwan data
2. Spesialis AI dan machine learning
3. Spesialis Big data
4. Spesialis digital marketing dan strategi
5. Spesialis proses otomasi
6. profesional pengembangan bisnis
7. Spesialis transformasi digital
8. Analis keamanan informasi
9. Pengembang software dan aplikasi
10. Spesialis Internet of Things (IoT)
11. Manajer Proyek
12. Manager layanan dan administrasi bisnis
13. Profesional database dan jaringan
14. Teknisi robotik
15. Penasihat strategi
16. Analis manajemen dan organisasi
17. Ahli fintech
18. Mekanik dan tukang reparasi mesin
19. Spesialis pengembangan organisasi
20. Spesialis manajemen risiko.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading