Hapus! Aplikasi Android Ini Bisa Curi Email & Password kamu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 October 2021 06:46
INFOGRAFIS, Waspada!, Malware Curi Data Kamu

Jakrta, CNBC Indonesia - Sejumlah aplikasi diduga berbahaya karena mencuri data penggunanya termasuk informasi login hingga detail pembayaran. Bagi mereka yang sudah mengunduhnya diminta segera untuk menghapusnya.

Perusahaan keamanan dari Kaspersky mengatakan aplikasi ini menggunakan mekanisme Facebook Login. Tombol ini biasanya ada di beberapa layanan untuk autentikasi pengguna dengan cepat.

Menurut Kaspersky, aplikasi tersebut menggunakannya untuk mencuri kredensial masuk serta mengakses informasi pribadi pengguna. Ini aplikasi bermasalah tersebut, dikutip Hindustan Times, Senin (18/10/2021):


  • Magic Photo Lab - Photo Editor
  • Blender Photo Editor - Easy Photo Background Editor
  • Pix Photo Motion Edit 2021

Ketiga aplikasi sudah dibanned dari Google Play Store. Namun bahaya tetap mengintai pengguna yang sudah mengunduhnya. Untuk itu apabila sudah mendownload diminta menghapusnya secara manual dari ponsel. Selain itu juga mengganti detail login Facebook.

Aplikasi jahat memang selalu hadir. Google harus bekerja keras untuk bisa menghilangkannya dari platform toko aplikasinya. Terakhir Google melakukan pelarangan pada 150 aplikasi dan melarang kebih banyak lagi untuk melindungi pengguna.

Google, dalam gelaran Google I/O, juga menyebutkan ada tiga miliar perangkat Android aktif hari ini. Dengan melakukan penghapusan aplikasi jahat maka akan menguntungkan pengguna yang mungkin telah ditipu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading