PeduliLindungi Tak Cuma Sertifikat Vaksin, Cek Fitur Ini!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 October 2021 17:18
Infografis/Satgas COVID-19 Tegaskan, Syarat Perjalanan Tetap gunakan PeduliLindungi/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - PeduliLindungi sekarang jadi platform penting untuk melakukan aktivitas. Dengan aplikasi itu, kita bisa mengakses beberapa aktivitas seperti masuk mall atau pusat perbelanjaan hingga menonton bioskop.

Pada PeduliLindungi terdapat informasi mendapatkan vaksin, sertifikat vaksin, dan tes Covid-19.

Untuk itu, pemerintah terus mengimbau masyarakat memiliki platform tersebut. Aplikasi sudah bisa diunduh (download) melalui Play Store dan App Store, selain itu PeduliLindungi juga bisa diakses melalui website.


Lalu apa saja sih manfaat PeduliLindungi? berikut daftarnya, dikutip dari laman Satgas Covid-19 Indonesia, Rabu (13/10/2021).

1. Memberikan Peringatan Pada Pengguna

PeduliLindungi akan mengeluarkan notifikasi jika pengguna tengah berada di keramaian atau zona merah. Selain itu peringatan juga ada di lokasi adanya orang positif Covid-19 atau pasien dalam pengawasan.

2. Pengawasan (Surveillance)

Fungsi pengawasan juga ada dalam aplikasi ini. Terdapat informasi lokasi pengguna saat bepergian yang memudahkan pemerintah dapat mengawasi serta mendeteksi pergerakan orang terinfeksi Covid-19 dalam 14 hari lalu.

Selain itu, pemerintah juga mudah mengidentifikasi serta mendeteksi masyarakat dengan lacak data lokasi. Serta juga melalui informasi yang hadir secara digital.

3. Sertifikat Vaksin

Platform ini akan menyimpan sertifikat tanda mendapatkan vaksinasi. Jumlah sertifikat bergantung pada dosis yang sudah didapatkan. Pengguna juga bisa mengunduh sertifikat itu dan menyimpannya dalam perangkat masing-masing.

4. Informasi Hasil Tes Covid-19

Ada fitur untuk menunjukkan hasil tes Covid-19 PCR atau swab antigen. Tes ini berasal dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

5. Bukti Mengakses Layanan Publik

PeduliLindungi digunakan untuk bisa mengakses layanan publik dari pusat perbelanjaan, bandara dan tempat lainnya. Cara ini dengan melihat informasi apakah pengguna sudah divaksin atau belum. Pengguna bisa mengakses layanan publik dengan memindai QR Code dari dalam aplikasi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading