Luhut Atur Industri Game: 97% Impor, Semua Harus Buatan Lokal

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 October 2021 06:55
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai memenuhi undangan klarifikasi sebagai pelapor atas laporan pencemaran nama baik kepada Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/9/2021). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah ingin mengatur industri game di tanah air. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan industri game di Indonesia memiliki pasar senilai Rp 24,4 triliun.

"Ini 97% kita impor. Kemarin kita sudah rapat, tutup, bandwidth-nya kita kecilin. Jadi semua harus buatan dalam negeri," katanya dalam acara Grand Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur, Selasa (12/10/2021).



Menurut dia, konten-konten dalam game itu harus memuat sejumlah nilai seperti mengenai Pancasila, kebersamaan, kenegaraan, UUD 1945, dan sebagainya. Semua itulah yang menyatukan warga bangsa.

"Dan game ini jangan menjadi addict yang membuat malah merusak mental anak-anak kita, tetapi justru mendidik dan membangun persatuan dan kesatuan. Seperti open mind, open heart, open will. Itulah yang kita dorong dengan pesan-pesan kebersamaan sehingga kita bisa hidup berbeda tetapi tidak perlu berkelahi," ujar Luhut.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading