Pusing! Harga Smartphone di RI Sudah Mulai Naik

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 October 2021 10:25
Xiaomi Redmi 9C (dok. Mi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masalah kelangkaan chip semiconduktor yang terjadi secara global sudah merembet ke Indonesia. Buktinya harga smartphone di tanah air sudah mulai naik.

Hal ini dirasakan oleh Xiaomi Indonesia. Vendor smartphone asal China ini memutuskan untuk menaikkan harga empat smartphonenya sebesar Rp 100 ribu. Kebijakan ini berlaku mulai 12 Oktober 2021, seperti dikutip dari Instagram resmi Xiaomi Indonesia, Selasa (12/10/2021).

Dalam penjelasan resminya kenaikan harga pada empat smartphone ini dikarenakan adanya kelangkaan komponen global yang mengakibatkan kenaikan harga.


Keempat ponsel yang harga naik adalah Redmi 9A, Redmi 9C, Redmi Note 10 5G dan POCO M3 Pro 5G. Redmi 9A dan Redmi 9C merupakan ponsel Xiaomi terlaris pada kuartal II-2021 menurut riset Counterpoint.

Adapun Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Apple, dan vendor smartphone lainnya belum mengumumkan kenaikan harga hingga saat ini.

Patut dicatat kelangkaan chip semiconductor terjadi karena tingginya permintaan dampak dari meningkatnya penggunaan barang elektronik selama pandemi Covid-19 untuk mendukung kerja dari rumah atau work from home.

Selain itu sejumlah negara yang memproduksi chip semiconductor memilih melakukan lockdown yang menghentikan produksi chip karena lonjakan kasus Covid-19.

Direktur riset Forrester Research Glenn O'Donnell mengatakan kendala pasokan chip mengakibatkan harga yang lebih tinggi yang perlu diserap oleh produsen atau diteruskan ke konsumen.

"Dengan demikian, harga untuk smartphone dan hampir semua hal lainnya sudah naik. Kami memperkirakan kenaikan ini akan melebihi 10% pada akhir tahun dan meningkat lebih tinggi lagi hingga 2022," kata O'Donnell, dikutip dari Strait Times.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading