GoTo Bantu UMKM Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
08 October 2021 15:43
Ist

Jakarta, CNBC Indonesia- Tokopedia, dan GoTo Financial memperkokoh komitmennya mendorong UMKM agar semakin berdaya dan berjaya lewat gerakan #BangkitBersama.

Gerakan ini dimulai dari daerah yang terdiri dari inisiatif lengkap dan holistik supaya produk UMKM menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Inisiatif ini melibatkan UMKM, konsumen, dan mitra driver.

Hingga saat ini, GoTo telah menjadi pilihan para pelaku UMKM untuk go-digital dengan lebih dari 4 juta UMKM baru yang bergabung di Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial selama pandemi.


Gerakan ini didasari fakta bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang harus terus diperkuat supaya bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dan mampu bersaing dengan brand global.

Sebagaimana diketahui, pandemi sangat memukul UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner (43,09%), jasa (26,02%) dan fashion (13,01%). Di sisi lain, Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara menjadi incaran para pemain global.

Peluang ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh UMKM Indonesia supaya bisa jadi pemain utama di pasar tanah air, bukan penonton. Sebagai ekosistem karya anak bangsa yang berpihak pada UMKM lokal, lewat #BangkitBersama GoTo menghadirkan berbagai inisiatif untuk membantu UMKM, melalui 6 inisiatif utama.

Pertama, Inisiatif Hyperlocal Memaksimalkan Eksposur UMKM. Kedua, Pemberdayaan UMKM Dorong Pembukaan Lapangan Kerja. Ketiga, dukung Kesehatan dan Keamanan untuk Mitra Driver.

Keempat, Tingkatkan Skala Bisnis Penjual dengan TokoCabang. Kelima, Inisiatif CSR untuk Masyarakat dan terakhir Dukung penanganan COVID-19 agar Kembali Beraktivitas Normal.

Adapun implementasi gerakan #BangkitBersama pada tahap awal akan dimulai di Solo, Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya. Gerakan ini akan berlanjut ke daerah-daerah lainnya di Indonesia.

CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Sulistyo mengatakan dengan semangat kolaborasi dan resiliensi, GoTo berusaha berkontribusi untuk pemulihan ekonomi dan inilah yang menjadi alasan lahirnya bangkit bersama.

"Kami lihat digitalisasi punya peran penting mengubah usaha offline yang tidak bisa buka karena pandemi bisa dijembatani. GoTo ingin terus berkontribusi supaya UMKM bisa tetap berjualan, bisa membantu operasional dan pengelolaan. Kami ingin terus berinovasi supaya bisa jadi jembatan. Inisiatif Bangkit Bersama kami susun supaya juga fokus di daerah agar lebih banyak UMKM bisa masuk ke ekosistem," ujarnya mengutip keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Sementara itu dari sisi pemerintah, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Siti Azizah angkat bicara. Dia mengatakan bahwa pemerintah percaya UMKM lokal akan terus menjadi tulang punggung ekonomi nasional pada situasi menantang. Untuk itu, dukungan komprehensif baik solusi teknologi dan pemberdayaan lainnya menjadi sangat krusial, agar UMKM dapat mengembangkan bisnis, sekaligus membuka berbagai lapangan pekerjaan di daerah.

"Dalam berbagai kesempatan sebelumnya, saya telah menyaksikan langsung langkah cepat dan dukungan nyata GoTo Grup untuk UMKM, sehingga Pemerintah berharap komitmen #BangkitBersama dari GoTo dapat menjadi ajakan bersama untuk masyarakat Indonesia bergotong royong mendukung UMKM sebagai pahlawan ekonomi," terangnya.

Informasi saja, Goto bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan penandatanganan prasasti Kampus UMKM Bersama di GoTo UMKM Center, Solo Technopark. Prasasti ini menandai komitmen bersama kedua pihak yang berfokus mengangkat lebih banyak UMKM unggulan daerah melalui peningkatan literasi keuangan dan kapasitas usaha agar naik kelas, terus bertumbuh, dan mampu bersaing dengan brand global.

Hal ini sejalan dengan semangat OJK dan Pemerintah untuk mencapai keuangan inklusif dan pemberdayaan UMKM. Adanya sinergi dalam program prioritas Kampus UMKM Bersama dan Program #BangkitBersama GoTo diharapkan menjadi salah satu bentuk keberpihakan kepada UMKM lokal dan menjadi jembatan untuk mendukung perluasan ekosistem digital UMKM yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

Sebagai informasi, GoTo merupakan grup teknologi terbesar di Indonesia yang menggabungkan layanan on-demand, e-commerce, serta layanan keuangan dan pembayaran melalui merek Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

GoTo merupakan platform pertama di Asia Tenggara yang menghadirkan tiga layanan penting dalam satu ekosistem. Diantaranya melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga konsumen di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading