Bahaya Mengintai Bila Install GB WhatsApp di Ponsel Kamu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 September 2021 06:45
A 3D printed Whatsapp logo is pictured on a keyboard in front of binary code in this illustration taken September 24, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - GB WhatsApp merupakan aplikasi modifikasi (WA Mod) yang beredar saat ini. Namun dibalik tawaran fitur yang menggiurkan, aplikasi tersebut menyimpan bahaya dan bahkan bisa membuat akun WA kamu diblokir.

GB WhatsApp merupakan modifikasi dari aplikasi resmi yang dibuat pengembang pihak ketiga. Jadi bukan berasal dari perusahaan aslinya yakni WhatsApp atau bahkan induk usahanya Facebook, seperti dikutip dari India TV News, Rabu (29/9/2021).

GB WhatsApp tidak tersedia di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store dan App Store. Pengguna yang ingin menggunakannya perlu mendownload nanya sebagai APK dari situs webnya.


WhatsApp memastikan tidak mendukung keberadaan aplikasi kloningan ini. Bahkan menegaskan akan memblokir akun mereka yang tetap menggunakan GB WhatsApp.

Raksasa teknologi itu beralasan aplikasi WA Mod tidak bisa memvalidasi keamanannya. Aplikasi seperti GB WhatsApp Bisa membahayakan data dan privasi pengguna karena sumbernya tidak terpercaya.

GB WhatsApp juga berpotensi membawa virus dan malware berbahaya pada perangkat yang digunakan penggunanya.

"Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Persyaratan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya," kata WhatsApp seperti dikutip laman FAQ.

Sebagai informasi, aplikasi WA Mod menawarkan peningkatan pengalaman saat sedang menggunakannya. Yakni dengan menghadirkan fitur-fitur yang belum atau bahkan tidak tersedia di aplikasi aslinya.

Misalnya di GB WhatsApp ada beberapa fitur seperti dapat menggunakan dua akun dalam atu perangkat yang sama, menyembunyikan tanda pesan setelah dibaca, dan mengirim gambar dengan resolusi tinggi. Selain itu juga ada fitur balasan pesan otomotif serta lebih banyak karakter bagi pembaruan status.

Selain GB WhatsApp ada beragam aplikasi yang juga merupakan WA Mod, salah satunya adalah WhatsApp Plus.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading