Puja puji Elon Musk pada Xi Jinping & China, Soal Apa?

Tech - Riri Akadafi, CNBC Indonesia
27 September 2021 17:30
Tesla and SpaceX Chief Executive Officer Elon Musk listens to a question as he speaks at the SATELLITE Conference and Exhibition in Washington, Monday, March 9, 2020. (AP Photo/Susan Walsh)

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu orang terkaya di dunia Elon Musk melayangkan pujian kepada China. Pujian tersebut disampaikan dalam acara Adaministasi Cyberspace China pekan lalu.

Menurut Elon Musk Tesla merupakan pemimpin globl dalam digitalisasi. China juga menjadi pasar yang penting bagi kendaraan listrik Tesla dan berjanji untuk memperluas investasinya di negeri Tiongkok.

"Saya terus mengamati dan melihat China menghabiskan banyak sumber daya dan upaya untuk menerapkan teknologi terbaru di berbagai industrinya, termasuk industri otomotif dan ini menjadikan China sebagai pemimpin global dalam digitalisasi. Kami akan terus memperluas investasi dan upaya penelitian dan pengembangan Tesla di China" ungkap Elon Musk dikutip dari CNBC International, Senin (27/9/2021).


Ini adalah pujian kedua Elon Musk kepada China. Tesla telah berusaha untuk meningkatkan reputasinya di China setelah banyaknya pemberitaan negatif.

Perusahaan kendaraan listrik asal Paman Sam itu tengah menghadapi pengawasan peraturan seputar privasi dan beberapa penarikan produk mereka di China. Beijing dilaporkan telah membatasi bahkan melarang penggunaan kendaraan listrik Tesla bagi personel militer.

Dalam pidatonya Elon Musk mengaku tidak bermasalah dengan UU yang dikeluarkan oleh pemerintah China. Menurutnya pemerintah China mengeluarkan peraturan itu untuk memperkuat manajemen data dalam negeri.

Mengantisipasi hal ini Elon Musk mengatakan telah mendirikan pusat data Tesla di China, hal ini untuk melokalkan semua data yang dihasilkan oleh produk Tesla, termasuk produksi, penjualan, layanan dan pengisian daya. Semua informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi dijamin keamanannya dan tidak akan dapat diakses oleh pihak luar negeri.

Sebagai informasi Tesla mulai membangun pabriknya di Shanghai pada 2019 lalu. Di pabrik ini Tesla berhasil menjual 44.264 kendaraan hingga Agustus 2021, termasuk 31.379 untuk ekspor. Ini meningkat dari 32.968 kendaraan yang terjual pada Juli dan 33.155 unit terjual pada Juni.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading