2 Hari Lagi! HP Android Ini Gak Bisa YouTube hingga Google

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
26 September 2021 07:40
A 3D printed Android logo is pictured on a keyboard in front of binary code in this illustration taken September 24, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi Anda yang memiliki ponsel dengan Android 2.3.7 (Gingerbread) harus bersiap. Pasalnya, ponsel tersebut bakal tak bisa lagi mengakses YouTube mulai 27 September.

Bukan hanya YouTube, sederet layanan Google juga tak akan bisa diakses. Di antaranya Gmail, Maps, hingga akun Google.


Melansir dari laman Support, Google menyebut kebijakan baru ini bertujuan untuk melindungi keamanan akun penggunanya. Android lama disebut sangat rentan dan membahayakan akun pengguna.

"Jika masuk perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube dan Maps," tulis Google.

Karenanya, pengguna Android lama yang ingin mengakses layanan Google diminta segera melakukan pembaruan sistem operasi (OS). Mereka harus meng-update-nya ke Android 3.0+..

Sebagai informasi, Android 2.3.7 sudah berusia hampir 10 tahun. Google sepertinya ingin memutus akses perangkat Android lama dalam kebijakan tersebut.

Memutus akses produk dan layanannya pada OS lama bukanlah kebijakan yang pertama kali. Karena sebelumnya, raksasa teknologi itu juga mengumumkan Android 4.3 Jelly Bean atau lebih lama tidak bisa mengakses Google Play.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

WhatsApp Peringatkan Penggunanya yang Suka Ganti-Ganti HP!


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading