Mau Lolos Jadi Peserta Prakerja? Ini Tips dari Orang Dalam

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 September 2021 19:14
Infografis/Begini Cara Cek Peserta Lolos Prakerja Gelombang 18/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memiliki program Kartu Prakerja untuk pelatihan skill masyarakat. Namun sayangnya tidak semua pendaftar mudah untuk jadi penerima program.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menyebutkan tips terpenting untuk yang ikut program adalah join batch. Sebab banyak masyarakat yang telah memasukkan data namun tidak ikut bergabung program.

"Sering kali teman-teman sudah masukin data kemudian lupa untuk klik join batch," kata Denni pada dialog secara virtual, Kamis (23/9/2021).


Selain itu juga pastikan data yang diberikan seperti ID dan email benar dan tidak salah ketik. Serta masyarakat harus memastikan bukan kelompok yang tidak boleh menerima Kartu Prakerja.

Mereka yang pasti tidak boleh menerima Kartu Prakerja adalah masyarakat yang sedang mengikuti pendidikan formal, tercatat di DTKS Kemsos, terdaftar Sebagai penerima BSU, BPUM, anggota TNI/Polri, ASN, Kepala/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR serta DPRD.

Bagi yang sudah menerima program Prakerja sebelumnya juga tidak diperbolehkan mengikutinya lagi. Selain itu peserta program sebelumnya namun tidak membeli paket pelatihan setelah 30 hari setelah dinyatakan lolos juga tidak akan bisa mengikuti program tersebut.

Denni menjelaskan alasannya agar tidak saling tumpang tindih dengan antar bantuan. Sebab masyarakat terdampak pandemi Covid-19 memang sangat banyak.

"Pastikan menjawab pertanyaan untuk tes motivasi dan kemampuan dasar juga sebaik-baiknya," ungkapnya.

Sementara itu jika ada masyarakat yang tidak lolos karena NIK terdaftar di sebuah Kementerian, Denni meminta untuk bertanya langsung ke Kementerian terkait. Sebagai contoh sudah lulus kuliah namun masih tercatat sebagai mahasiswa aktif.

Namun jika tidak ada keterangan lain, hanya disebutkan tidak lolos gelombang, kemungkinan karena jumlah pendaftar yang besar. Denni meminta untuk masyarakat yang belum diterima bisa bersabar.

"Tolong bersabar pada gelombang yang akan datang. Tahun depan juga kartu Prakerja berlanjut sesuai dengan disampaikan nota keuangan bersabar aja," kata Denni.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading