Butuh 1 Bulan Perbaiki Kabel Laut JaSuKa, IndiHome Bagaimana?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 September 2021 15:40
Infografis/ Facebook & Google Bangun Kabel Internet Bawah Laut Amerika-RI/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai Minggu (19/9/2021) pukul 17.33 WIB diketahui adanya gangguan layanan IndiHome dan Telkomsel karena adanya gangguan kabel bawah laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan).

Diketahui gangguan ini karena putusnya kabel bawah laut di ruas Batam-Kalimantan. Perbaikan kabel ini membutuhkan waktu satu bulan.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan untuk perbaikan kabel laut JaSuKa, Telkom akan segera melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan.


Kabel Bawah Laut Telkom JasukaFoto: Kabel Bawah Laut Telkom Jasuka (doc sub marine cable map)

"Kemudian yang tak kalah penting adalah pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan tersebut. Adapun diperkirakan proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung sekitar sebulan," ujar Puj Pramono dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Sementara untuk untuk peningkatan kualitas layanan pada pengguna yang terdampak, Telkom melakukan peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back-up dan alternatif khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Upaya-upaya yang kami lakukan untuk peningkatan kualitas layanan antara lain dengan melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Di samping itu, juga melakukan penambahan kapasitas link untuk beberapa destinasi yang masih menunjukkan occupancy tinggi," kata Pujo Pramono.

Sebelumnya, Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan mengatakan pengguna IndiHome akan menerima kompensasi dari perusahaan. Ini karena kejadian gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa. Pemberian akan disesuaikan dengan ketentuan pada kontak berlangganan.

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," jelas E. Kurniawan.

Dia menambahkan kenyamanan pelanggan jadi fokus perusahaan. Per 20 September layanan sudah bisa digunakan untuk learning from home dan work from home. Telkom juga melakukan Pengalihan routing layanan ke network lain. Saat ini juga sedang berfokus untuk mempercepat perbaikan kabel laut JaSuKa tersebut.

"Kenyamanan pelanggan adalah fokus utama kami. Dan sejak tanggal 20 September Layanan telah dapat digunakan untuk kegiatan LFH dan WFH pelanggan. Tentunya Telkom pun tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas yang dirasakan pelanggan," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fakta Kabel Laut JaSuKa Telkom, Sumber Gangguan Indihome


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading