Siap-siap Bitcoin Bakal Dibunuh!

Tech - suhendra, CNBC Indonesia
16 September 2021 16:15
Bitcoin

Jakarta, CNBC Indonesia - Ray Dalio, pendiri perusahaan hedge fund terbesar di dunia, yaitu Bridgewater Associates, mengatakan kesuksesan bitcoin bakal dibinasakan oleh regulator keuangan, khususnya di Amerika Serikat (AS).

"Saya pikir pada akhirnya jika itu (bitcoin) benar-benar berhasil, mereka (regulator) akan membunuhnya dan akan terus mencoba membunuhnya. Karena mereka memiliki cara untuk membunuhnya," ujar Dalio kepada CNBC International, seperti dikutip (16/9/2021).

Seperti diketahui, regulator AS telah meningkatkan pengawasannya terhadap pergerakan mata uang kripto yang dinilai cukup liar, spekulatif, dan terus menarik perhatian.


Ketua Komisi Pengawasan Sekuritas dan Bursa di AS, Gary Gensler, mengatakan pihaknya terus bekerja lembur untuk membuat seperangkat aturan perlindungan investor dari investasi di ribuan aset digital dan koin.

Terlepas dari pergerakannya yang liar, bitcoin dinilai cukup sukses. Mata uang kripto ini nilainya naik empat kali lipat dalam 12 bulan terakhir, dan berada di sekitar US$ 47.500/koin pada Rabu kemarin. Nilai bitcoin juga pernah mencapai titik tertingginya di atas US$ 60.000 pada awal tahun ini.

"Anda memiliki El Savador yang merangkulnya, dan anda memiliki India dan China yang menyingkirkannya. Kemudian anda memiliki AS yang berbicara tentang cara mengaturnya dan itu masih bisa dikendalikan," kata Dalio.

Seperti diketahui, pada Juni lalu, El Savador menjadi negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sementara India diperkirakan akan mengusulkan undang-undang yang melarang mata uang kripto, dan menghukum penambang serta pedagangnya. Kemudian China telah mulai menindak pasar mata uang kripto, memerintahkan penambang untuk menutup operasi mereka.

Dalio mengatakan bitcoin tidak memiliki nilai intrinsik, artinya aset tersebut tidak memiliki nilai fundamental dan objektif.

"Ada begitu banyak hal dalam perspektif sejarah yang tidak memiliki nilai intrinsik dan memiliki nilai persepsi. Dan kemudian menjadi panas dan menjadi dingin. Itu bisa saja. Anda hanya perlu tahu apa itu. Bisa jadi tulip di Belanda," kata Dalio.

Namun, investor miliarder itu mengatakan bitcoin merupakan alternatif yang baik untuk uang tunai, dan dia memiliki persentase token digital yang lebih kecil dibandingkan dengan eksposur emasnya dalam portofolio.

"Saya pikir ada baiknya mempertimbangkan semua alternatif untuk uang tunai dan semua alternatif untuk aset keuangan lainnya. Bitcoin adalah sebuah kemungkinan. Saya memiliki sejumlah uang dalam bitcoin," kata Dalio.


[Gambas:Video CNBC]

(wed/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading