Sandi Uno Bicara Soal 5G, Dari Game Sampai Cyber Security

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
16 September 2021 12:40
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di acara CNBC Indonesia Tech Conference

Jakarta, CNBC Indonesia - Industri game development menjadi salah satu yang berkembang pesawat dewasa ini bahkan nilainya sudah mencapai Rp 20 triliun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, salah satu industri game tersebut adalah virtual tour yang belakangan mulai marak.

Sementara itu, revolusi industri 4.0 dan 5G berperan besar dalam perkembangan ini. Aplikasi dan gaming adalah hal yang bisa terus berkembang dengan adanya dua hal tersebut.


"Di Asean, kita sumbang 40% pangsa pasar ekonomi digital, dibantu AI. Ini menunjukkan bahwa teknologi AI dengan pendekatan baru untuk virtual effect sangat terfasilitasi oleh hadirnya 5G," katanya dalam TECH CONFERENCE 2021 "Future 5G, Global Connectivity, Cloud Computing & Internet Of Things" Kamis (16/9/2021).

Adapun menurut Sandi, 5G juga diharapkan mampu menjadi pendorong dari berkembangnya e-commerce dalam hal ini UMKM. Selanjutnya yang tak kalah penting adalah bisa menjangkau masyarakat yang belum tersentuh digitalisasi.

"Sehingga tak hanya pelayanan tapi juga pemasaran hingga pembayaran," tegasnya.

Sandi juga menyinggung bagaimana keamanan digital menjadi hal penting. Menurut dia, melalui cloud computing menjadi efisien namun harus tetap menjaga keamanan dalam dunia cyber.

"Peluang pelaku usaha teknologi digital, menghadirkan solusi agar data kita aman ke depannya," tegasnya.

Sebelumnya, masih dalam acara ini, Sandi juga menyinggung bagaimana ekonomi kreatif menjadi yang paling terdampak pandemi. Meski begitu, sektor ini harus juga pandai menangkap peluang agar tetap bertahan dan menjadi pemenang.

"Beberapa sektor menjadi pandemic winner. Kontribusi Parekraf terhadap PDB naik 7,5% dan Indonesia jadi peringkat ketiga di dunia," ujarnya.

Catatannya, perputaran industri ini di Indonesia sudah mencapai Rp 1.100 triliun, menjadi ketiga di dunia setelah Hollywood Amerika dan Korea Selatan. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang pesat.

"Terutama sejak 5G pada Mei 2021. Kita harapkan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk melanjutkan agenda karena tidak pernah tahu kapan pandemi berakhir," pungkasnya.

Tech Conference CNBC Indonesia disponsori oleh HUAWEI, Alibaba Cloud, Telkom Indonesia, BNI, Link Net, Smartfren, Ultra Voucher, DeBio Network dan ASUS Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading