Cara Traveloka Bangkit Kala Pariwisata Lesu Gegara Covid-19

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 September 2021 12:20
FILE PHOTO: An employee of Traveloka works at the company's headquarters in Jakarta, Indonesia, August 2, 2017. REUTERS/Beawiharta

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 memporakporandakan sektor pariwisata di dalam negeri. Salah satunya Traveloka yang juga berusaha bangkit saat pandemi masih berlangsung dengan menghadirkan sejumlah inovasi di dalam platformnya.

"Pandemi membawa tantangan bagi pariwisata tidak terkecuali Traveloka. Untuk menghadapi situasi ini mendorong digitalisasi menghadirkan inovasi, kolaborasi dengan berbagai pihak," kata Co-founder Traveloka, Albert, dalam Tech Conference 2021 CNBC Indonesia, Kamis (16/9/2021).

Salah satunya adalah menjadi platform satu pintu dengan menghadirkan tes Covid-19. Selain itu menggelar kampanye clean partner untuk mempermudah pengguna mengidentifikasi partner yang mematuhi protokol.


Selain itu Traveloka juga menghadirkan online tour. Layanan ini jadi solusi mendapatkan pengalaman baru perjalanan tanpa perlu meninggalkan rumah dan juga membantu mitra Traveloka.

"Sebagai solusi alternatif untuk memperoleh pengalaman seru penuh inspirasi di beragam destinasi tanah air, tanpa perlu meninggalkan rumah. Experience baru saat pandemi," jelasnya.

Traveloka juga menggunakan cloud untuk meluncurkan fitur order now dan delivery melalui produk Traveloka Eats. Cara ini untuk mendukung social distancing serta contactless dan juga memulihkan sektor kuliner.

Layanan check-in saat menginap juga jadi fokus Traveloka. Platform itu menghadirkan online check-in untuk mengurangi kontak fisik dan kerumunan.

"Untuk menikmati pengalaman yang nyaris bebas kontak. Meningkatkan keamanan, kenyamanan pada saat menginap," ungkapnya.

Lalu ada juga layanan promosi yang dihadirkan secara live streaming. Ada kehadiran fitur buy now stay later untuk mempermudah pengguna platform memesan hotel dengan periode inap yang disesuaikan kebutuhan.

"Meningkatkan fleksibilitas para pengguna untuk melakukan pemesanan hotel dengan periode inap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading