Mau Selamat? Hapus Aplikasi Ini dari Android Anda

Tech - rah, CNBC Indonesia
16 September 2021 06:25
Infografis: Jangan Install Aplikasi Ini di Ponsel Android, Atau Dirampok! Foto: Infografis/Jangan Install Aplikasi Ini di Ponsel Android, Atau Dirampok!/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbagai aplikasi jahat mengincar pengguna android dan dengan mudah ditemukan di Play Store. Akibatnya, seringkali pengguna terkecoh dan malah mengunduhnya. Padahal aplikasi jahat semacam ini biasanya mengandung malware yang bisa merampok data pribadi dan uang pengguna.

Kepolisian Belgia menemukan delapan aplikasi Android berbahaya di Play Store karena mengandung malware atau virus jahat Joker. Malware merupakan software yang didesain untuk merusak komputer, jaringan komputer dan ponsel. Sedangkan malware Joker dikatakan dapat merampok korbannya. Malware itu akan membuat perangkat korban berlangganan sebuah layanan.

Namun langganan itu tanpa ada persetujuan dari pemilik perangkat dan korban tak curiga sama sekali dengan aktivitas tersebut. Pada akhirnya, keberadaan aplikasi ini bisa berbahaya bagi penggunanya.

"Anda akan terkejut melihat tagihan pada rekening bank atau kartu kredit di akhir bulan," kata pihak Kepolisian dikutip Rabu (8/9/2021).

Kabarnya seluruh aplikasi yang diidentifikasi Kepolisian Belgia telah dihapus dari Google Play Store. Namun bagi mereka yang sudah menginstall aplikasi diminta segera menghapusnya agar tidak menjadi korban dari virus tersebut.


Berikut daftar delapan aplikasi yang ditemukan mengandung virus berbahaya:

1. Auxiliary Message
2. Element Scanner
3. Fast Magic SMS
4. Free CamScanner
5. Go Messages
6. Super Message
7. Super SMS
8. Travel Wallpapers.


Malware Joker ditemukan pada 2017 dan disebut telah masuk ke ribuan aplikasi di Play Store. Google juga berusaha memindai dan menghapus aplikasi berbahaya itu dari toko aplikasinya.

Sudah ada 1.700 aplikasi yang ditemukan dan akhirnya dihapus Google. Sedangkan September 2020 lalu, 24 aplikasi Android berisi malware Joker yang telah didownload 500 ribu kali juga telah dihapus.

Malware Joker dikabarkan telah menyebar ke 30 negara dunia, termasuk diantaranya adalah Amerika Serikat (AS), Brasil dan Spanyol.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hati-Hati, Malware Baru Bernama Flubot Incar Pengguna Android


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading