Begini Solusi TikTok Bagi UMKM yang Ingin Iklan di Digital

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
14 September 2021 15:49
Head of Business Marketing TikTok Indonesia, Sitaresti Astarini di acara CNBC Indonesia Tech Conference

Jakarta, CNBC Indonesia - Tiktok, media sosial berbasis video pendek menawarkan solusi bagi UMKM untuk bisa memasarkan produknya agar bisa menjangkau lebih banyak pembeli.

Head of Business Marketing TikTok Indonesia, Sitaresti Astarini mengatakan, melalui Tiktok Ads, solusi iklan mandiri bagi UMKM bisa dipilih. Apabila konten yang diunggah muncul menjadi FYP atau for your page alias viral, maka kesempatan untuk dikenal menjadi semakin besar.

"Kemunculan saat FYP, kesempatan brand kecil menengah untuk bisa menjangkau audience. Tentunya para pengiklan (UMKM) bisa atur campaign, sesuai ojective, audeince. Semua free untuk di manage," katanya TECH CONFERENCE 2021 "Future 5G, Global Connectivity, Cloud Computing & Internet Of Things" Selasa, (14/9/2021).


Kemudian menurutnya, fitur ini bisa dimanfaatkan karena bisa disesuaikan dengan alokasi anggaran iklan yang dimiliki. Sebab, kebanyakan pelaku UMKM memang akan sangat berhati-hati dalam menggunakan bajetnya untuk masuk ke ranah digital.

Permasalahan lainnya yang dihadapi oleh UMKM adalah kebingungan memulai dari mana terkait konten iklan yang diinginkan. JIka anggaran sudah ada, kampanye iklan sudah disiapkan, biasanya memang bingung untuk memulai. Tiktok menurutnya menyediakan tools yang sesuai.

"Di tiktok ada creatif tools dan creatif editing. Belajar dari tren yang ada, bisa dilakukan. Ngga usah pakai software macam-macam. Editing sudah disediakan template. Kalau melihat kesuksesan oleh para UMKM, cukup banyak," tegasnya.

Sebagai bocoran, dia membeberkan konten apa yang laris manis dan biasanya menjadiFYP di platformTiktok. Diantaranya adalah yang sarat akan unsur komedi. Kemudian konten yang berbau edukatif, mengenai fashion, kecantikan hingga keseharian. Satu lagi, konten yang berbau-bau makanan juga mendapatkan banyak atensi di Tiktok. 

"Kenapa populer? entertaining. Sifat konten sangat relatable, point of view yang natural. Tips dan tutorial, tentunya yang sangat populer, yang menghibur bisa menggunakan lagu-lagu dan stiker yang ngetren," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading