Jangan Akses PeduliLindungi Palsu Ini Atau Data Dirampok

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 September 2021 16:14
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - PeduliLindungi menjadi platform dan aplikasi yang penting dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Namun beberapa orang berusaha memanfaatkan hal ini dengan membuat situs palsu.

Terbaru ditemukan situs palsu bernama pedulilindungia.com. Situs ini memiliki tampilan sama dengan situs pedulilindungi asli. Ada fasilitas pendaftaran vaksinasi dan pengecekan vaksin Covid-19.

Namun situs ini bertindak untuk mengumpulkan data korban. Jadi bila kamu mengakses situs ini kemudian mengisi data yang diminta maka data kalian akan dikumpulkan dan bisa saja digunakan untuk aktivitas kejahatan.


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap situs palsu pedulilindungia.com. Saat ini sedang dalam proses update sistem dari masing-masing ISP (intener service provider).

"Kami menghimbau masyarakat untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi resmi pedulilindungi di app store dan google play store," ujarnya dalam pesan singkat kepada CNBC Indonesia, Kamis (9/9/2021).

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menambahkan  Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19. Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun.

"

Situs resmi milik pemerintah adalah pedulilindungi.id. Dari situs ini masyarakat bisa mendaftar vaksinasi dan memeriksa sertifikat vaksin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sudah Vaksin di LN Terdata di PeduliLindungi, Ini Caranya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading