RI Sudah Siap Hidup Berdampingan dengan Covid-19?

Tech - Khairun Alfi Syahri MJ, CNBC Indonesia
08 September 2021 13:40
KRL Uji Coba Aplikasi PeduliLindung. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia telah menyiapkan roadmap hidup berdampingan bersama Covid-19. Langkah itu diambil agar status pandemi bisa berubah menjadi endemi.

Salah satu strategi yang terus dilakukan oleh pemerintah adalah melakukan monitoring protokol kesehatan ketat hingga vaksinasi. Dengan strategi ini, Indonesia dapat menekan laju penyebaran virus corona penyebab Covid-19 yang dapat dilihat dari menurunnya data pasien yang terpapar Covid-19 dalam sepekan terakhir secara signifikan.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rendonuwu mengatakan, pemerintah telah mengatur roadmap untuk masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

Maxi juga mengimbau agar masyarakat selalu patuh dan menjalankan protokol kesehatan mulai dari 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker serta Menjaga jarak). Sementara di sisi lain pemerintah selalu melakukan 3T (Testing, tracing, treatment) hingga melakukan vaksinasi.



"Kalau ini dilakukan dengan benar terus, prokes 3M, 3T orang dengan kesadaran ada juga dengan gejala influenza. Jadi kalau saya agak flu saya akan tes sendiri, ya barangkali kita Covid-19. Nah itu kebiasaan-kebiasaan baru yang harus kita tumbuhkan supaya kita biasa berdampingan dengan Covid-19," ujar Maxi dalam acara 'Kesiapan Hidup Berdampingan Dengan Covid-19' yang ditayangkan pada channel Youtube FMB9ID_IKP pada, Selasa (7/9/2021)

Selain itu, dia juga mengimbau agar seluruh masyarakat sadar atas pentingnya vaksinasi dan mau melakukan vaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19.

Maxi mengatakan, strategi hidup bersama Covid-19 ini disiapkan berdasarkan penilaian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai dari penularan komunitas hingga kapasitas respons penanganan Covid-19. Menurut dia, hal itu hampir serupa dengan penerapan PPKM sesuai dengan level daerah yang sedang berjalan di tanah air saat ini.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading