Pertama di Dunia, Kuba Suntik Vaksin Covid-19 ke Anak 2 Tahun

Tech - roy, CNBC Indonesia
07 September 2021 14:55
Foto : REUTERS/Stringer Foto: REUTERS/Stringer

Jakarta, CNBC Indonesia - Kuba menjadi negara pertama yang menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada anak usia 2 tahun. Negara lain biasanya mengimunisasi vaksin Covid-19 ke anak berusia 12 tahun ke atas.

Untuk vaksinasi tersebut, Kuba menggunakan vaksin Covid-19 buatan sendiri bernama Abdala dan Suberana. Vaksin tersebut belum didaftarkan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti dikutip AFP, Selasa (7/9/2021).

Suntikan vaksin untuk berusia 2-11 tahun dimulai pada akhir pekan lalu. Kuba menargetkan menyuntikkan vaksin ke semua anak sebelum membuka kembali sekolah usai ditutup sejak Maret 2020.


Sekolah tahun ajaran baru dimulai pekan ini tetapi melalui program televisi karena sebagian besar rumah di Kuba tidak memiliki akses internet.

Vaksin Kuba sendiri menggunakan teknologi protein rekombinan yang sama dengan yang digunakan Novavax Amerika Serikat dan Sanofi Prancis yang masih menunggu persetujuan WHO.

Kuba dikabarkan sedang menghadapi lonjakan infeksi Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir, memberikan tekanan pada sistem kesehatan negara.

Kuba memiliki 11,2 juta penduduk. Sebanyak 5.700 orang meninggal karena Covid-19 di mana hampir setengahnya terjadi pada bulan lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Airlangga: 718 Ribu Anak Sudah Disuntik Vaksin Covid-19


(roy/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading