Kok Pinjol Bisa Tahu Nomor Ponsel Teman Peminjam Uang Ya?

Tech - roy, CNBC Indonesia
30 August 2021 12:45
Infografis: Penawaran Pinjaman Online Ilegal Melalui Whatsapp dan SMS

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa di antara kalian pasti pernah dihubungi pinjaman online (pinjol) melalui WhatsApp, email atau SMS yang mengabarkan salah satu teman kalian meminjam uang dan belum mengembalikannya bersama dengan bunga.

Mereka melampirkan foto diri peminjam, KTP, besaran tagihan dan bahkan pesan bernada ancaman bila tidak segera melunasi pinjaman yang didapat dari pinjol.

Hal ini tentu mengesalkan. Sebab, kalian bukanlah peminjam tetapi harus berhadapan dengan pinjol. Selain itu muncul pertanyaan bagaimana pinjol bisa mendapatkan nomor ponsel kalian padahal yang meminjam adalah teman lain.


Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi pun mencoba menjelaskan fenomena ini melalui utasan di akun Twitter pribadinya. Menurutnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang mensyaratkan pinjol legal hanya boleh mengakses Camilan (Camera, Microphone, dan Location).



"Ada pinjol yang comply dengan syarat ini. Tetapi ada juga yang ambil data lebih," tulisnya dalam utasannya di Twitter sembari menunjukkan pinjol legal yang mengambil data peminjam secara berlebihan, seperti dikutip Senin (30/8/2021).

Ismail Fahmi mengungkapkan pinjol ilegal bahwa lebih parah. Mereka mengambil data pengguna berlebihnya mulai dari history, contact card, storage (foto dan video) phone call, Cemilan dan lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading