Sayonara! Xiaomi Hapus Merek Smartphone Mi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 August 2021 16:45
Customers wait to pay at a Xiaomi store in Beijing, China June 21, 2018. REUTERS/Jason Lee

Jakarta, CNBC Indonesia - Masuk ke tahun sepuluh setelah smartphone Mi pertama diluncurkan, Xiaomi memutuskan menghapus merek tersebut. Perubahan tersebut telah dimulai dengan hadirnya smartphone Mix4 beberapa waktu lalu.

Namun sebenarnya penggunaan kata Mi bukan hanya untuk smartphone. Merek tersebut juga digunakan untuk televisi, laptop, kulkas, smartwatch, hingga hair dryer.

Seluruh merek itu juga akan berubah di masa depan. Kepada XDA Developers, pihak Xiaomi mengatakan setelah MIX 4 maka semua produk berikutnya akan mengutip, dikutip Selasa (24/8/2021).


Nama Mi sebelumnya disandingkan dengan Redmi dan Poco, yang merupakan merek Xiaomi. Nama itu segera akan berganti menjadi Xiaomi, Redmi dan Poco.

Sebagai informasi, merek Mi sebetulnya pertama kali bukanlah untuk smartphone. Namun sistem operasi MIUI yang saat ini telah ada di versi 12.5.

Sementara untuk smartphone dengan merek Mi debut pertama kali pada 2011 dengan Mi 1. Smartphone tersebut memiliki spesifikasi unggulan untuk saat itu.

Beberapa spek yang masuk dalam HP itu termasuk Snapdragon S3 dual core, RAM 1GB, 4 inci resolusi 854x480 hingga menjalankan MIUI pada Android 2.3 Gungerbread.

Di tahun berikutnya Xiaomi terus mengeluarkan smartphone dalam jajaran seri Mi. Pada tahun 2013, di bawah bimbingan Hugo Barra yang saat itu adalah VP dan Juru bicara produk Android, perusahaan berekspansi ke negara lain di Asia.

Produk pertama Xiaomi di luar China yang diluncurkan adalah Mi 3 dan Redmi 2. Peluncuran keduanya membuka gerbang bagi Xiaomi secara global untuk berkembang ke lebih banyak pasar hingga mengembangkan kategori produk lain.

CEO dan Founder Xiaomi, Lei Jun pernah mengomentari nama produk Mi. Dia mengatakan merek itu berasal dari dua hal yakni Mobile Internet (Internet Seluler) dan Mission Impossible, yakni Xiaomi sebagai perubahan internet seluler dengan menyelesaikan tugas mustahil.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gokil! Ada HP Flagship Baru Xiaomi dengan Kamera 200MP & 5G


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading