Cara Hemat Kuota Data Zoom dan Google Meet

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 August 2021 19:35
Rabbi Haim Ovadia leads a virtual morning minyan via electronic tablet as 32 people attending his Zoom meeting pray with him during a virtual morning minyan transmitted from Ovadia's home in Potomac Md., Monday, April 6, 2020. Ovadia started the virtual morning minyan, daily prayers that typically require the physical presence of ten adult Jews in the same room, after coronavirus concerns closed many synagogues. He also has an afternoon minyan and classes online.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembatasan aktivitas akibat pandemi masih berlangsung termasuk juga di Indonesia. Kegiatan seperti sekolah dan kerja pun masih dilakukan secara online.

Sejak tahun lalu, beragam platform meeting online digunakan untuk tetap bisa beraktivitas selama pandemi. Beberapa diantaranya adalah Zoom dan Google Meet.

Namun masalah muncul karena kegiatan tersebut membutuhkan jaringan internet yang stabil dan kuat. Selain itu juga banyaknya kegiatan atau waktu meeting yang lama membuat penggunaan data menjadi boros.


Untuk mengetahui cara mengurangi penggunaan data internet saat sedang meeting online, berikut tipsnya, dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Kamis (19/8/2021):

Zoom

Melansir laman cornell.edu ada sejumlah cara untuk menghemat data yang dikeluarkan saat sedang menggunakan zoom. Berikut beberapa caranya:

a. Matikan Video

Ini salah satu cara untuk mengurangi pengeluaran data internet. Kamu bisa menerapkannya jika mengikuti rapat yang tidak terlalu penting.

Kamu bisa menyesuaikan pada pengaturan, jadi saat bergabung ke dalam Zoom meeting kamera dalam keadaan nonaktif. Nantinya bisa memilih untuk menyalakan atau mematikan kamera saat rapat berjalan.

b.  Matikan Video HD

Dengan menggunakan video beresolusi HD akan mengkonsumsi lebih banyak data. Jadi matikan saja fitur tersebut, dengan cara:

  • Klik Settings atau ikon gear.
  • Klik Video pada menu yang ada di sebelah kiri.
  • Pada My Video, hilangkan centang pada kotak Enable HD jika dalam keadaan tercentang.

c. Gunakan Screen Share Saat Dibutuhkan

Pastikan untuk Berhenti kan membagikan layar jika tidak dibutuhkan. Minta juga pada pengguna lain mematikan screen sharing saat mereka sudah selesai.

d. Gunakan dokumen kolaborati, bukan screen sharing

Dengan layanan seperti Box Notes, Office Online Documents dan Google Apps, akan membuat banyak orang bisa membuka dan mengeditnya sekaligus. Layanan tersebut hanya mengkonsumsi sedikit data dibandingkan dengan streaming video.

e. Matikan Audio Jika Tidak Berbicara

Meski cara ini tidak memakan banyak bandwidth, namun kamu bisa mengurangi dengan mematikan audio saat tidak berbicara. Gunakan tombol Mute yang ada di kiri bawah layar untuk mematikan dan menyalakan suara.

- Gunakan Opsi Perekaman Cloud Untuk Rapat

Host dapat memanfaatkan pilihan perekaman cloud Zoom. Rekaman tidak perlu diunggah ke komputer penggunanya.

- Tidak Menjalankan Aplikasi Lain Saat Zoom

Pembatasan penggunaan ini juga bisa dilakukan dengan tidak menggunakan aplikasi lain yang mungkin mengkonsumsi banyak data saat meeting. Misalnya streaming video atau musik serta situs web lain dengan konten dinamis.

Google Meet

Beberapa bulan lalu, Google Meet menambahkan pengaturan 'limit data usage' untuk pengguna Android dan iOS. Dengan pembaruan itu, pengguna bisa mengoptimalkan kualitas panggilan video untuk perangkat dan kondisi jaringan.

Menurut India Today, mode tersebut bisa membuat pengguna untuk meminimalkan penggunaan data seluler, memaksimalkan masa pakai baterai dan mengosongkan memori perangkat untuk hal lain.

Opsi ini bisa digunakan saat perangkat sedang tidak terhubung dengan WiFi atau tidak dalam wilayah dengan jaringan baik.

Untuk mengaktifkannya, ini caranya:

  • Buka aplikasi Google Meet.
  • Klik menu hamburger di bagian kiri layar
  • Masuk ke menu Settings
  • Di bagian General, aktifkan toggle untuk Limit data usage.

Sementara itu laman Tech Republic juga membagikan cara mengurangi penggunaan data pada Google Meet. Yakni pengguna bisa mengurangi resolusi pada versi web.

Caranya masuk ke menu tiga titik vertikal, lalu masuk ke Settings dan pilih Video. Setelah itu pilih kualitas gambar yang diinginkan, semakin rendah akan semakin mengurangi bandwidth yang keluar.

Selain itu juga bisa mematikan video saat sedang menggunakan Google Meet. Caranya dengan mengklik ikon kamera di bagian bawah layar.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading