Fitur Baru WhatsApp: Hapus Pesan Otomatis Setelah 90 Hari

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 August 2021 13:15
Infografis: 13 Calon Fitur Baru WhatAp

Jakarta, CNBC Indonesia - Fitur Dissapearing Messages di WhatsApp menambahkan pilihan waktu baru. Pengguna bisa menghapus pesan secara otomatis setelah 90 hari dikirimkan.

Fitur tersebut dihadirkan WhatsApp pada tahun lalu dengan interval menghapus pesan selama tujuh hari. Beberapa bulan berselang, platform itu menambahkan opsi baru yang 24 jam sebagai waktu tercepatnya.

Lalu kali ini terdapat tambahan baru selama 90 hari. Menurut laman Slash Gear, tambahan opsi itu tersedia dalam versi beta untuk Android, dikutip Kamis (19/8/2021).


Namun website itu juga menuliskan, kemungkinan opsi 90 hari tidak akan langsung bisa diakses secara publik. Sebab WhatsApp butuh beberapa beberapa bulan untuk mengambil fitur beta dan menambahkannya pada peluncuran yang lebih stabil.

Sebagai informasi, Dissapearing Messages dapat digunakan untuk chat individu dan grup. Pada chat individu, fitur diaktifkan oleh salah satu pengguna sementara untuk grup hanya admin yang bisa mengaktfikannya.

WhatsApp juga memberikan sejumlah catatan pada fitur ini. Salah satunya, pesan hilang hanya yang dikirimkan atau diterima setelah Dissapearing Messages diaktifikan.

Selain itu, pesan akan hilang meskipun tidak dibuka setelah tujuh hari fitur diaktifkan. Namun isi pesan masih bisa terlihat di notifikasi hingga aplikasi dibuka.

WhastApp juga menyebutkan pada pesan yang menggunakan fitur ini dan dikutip, maka tidak akan hilang walaupun sudah lewat dari pilihan waktu.

Jika pesan Dissapearing Messages diteruskan ke chat tanpa fitur tersebut, maka pesan tidak akan menghilang.

Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa menekan nama individu atau grup WhatsApp yang diinginkan. Setelah itu pilih menu Dissapearing Messages dan mengaktifkannya dengan memilih on.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Salip WA, Jumlah Pengguna Telegram & Signal Melesat


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading