Kapan Prakerja Gelombang 18 Dibuka? Ini Bocoran Orang Dalam

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 August 2021 17:15
Direktur Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat Indonesia yang ingin ikut Program Kartu Prakerja nampaknya perlu bersiap. Sebab Prakerja gelombang 18 direncanakan dalam waktu dekat akan segera dibuka.

"Menunggu kebijakan dari Komite Cipta Kerja, karena kita harus tertib administrasi dan prosedur. Jadi sobat Prakerja mohon sabar dalam waktu dekat gelombang 18 akan dibuka. Sabar saja," Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam acara Rilis Hasil Survey Program Kartu Prakerja, Jumat (13/8/2021).

Namun Denni memang tidak memberikan informasi detail kapan tepatnya gelombang 18 Kartu Prakerja itu akan resmi dibuka.


Selain itu Denni juga menjelaskan mengenai anggaran yang disediakan oleh Kementerian Keuangan di semester II. Keputusan itu sudah dibuat sejak Januari lalu sebesar Rp 10 triliun untuk 2,7 juta penerima.

Dia menambahkan jika pelatihan di Prakerja pada semester II ini akan ditingkatkan lagi kualitasnya. Di sana dapat langsung berinteraksi dan konsultasi dengan para instruktur.

"Pelatihan-pelatihan yang ada di ekosistem Prakerja kita tingkatkan lagi kualitasnya, dimana nantinya di semester I dapat berinteraksi dan konsultasi dengan para instruktur," ungkapnya.

Di semester I, dengan anggaran Rp 10 triliun untuk 2,7 juta penerima baru sudah dialokasikan pada Maret lalu. Dia menjelaskan jika penerima Kartu Prakerja tidak ada yang berulang hanya satu kali seumur hidup.

Denni menjelaskan jika peserta hanya boleh ikut satu kali saja demi pemerataan program tersebut. Sejauh ini masih ada 125 juta orang yang belum mengikuti pelatihan seumur hidup itu.

"Jadi di sini supaya memanfaatkan betul kesempatan sekali seumur hidup untuk berlatih semaksimal mungkin," kata dia.

Sementara itu, dia juga menyoroti para penerima yang mendapatkan skill (kemampuan) setelah melakukan program. Menurutnya jika intensif yang diberikan pada program ini akan bisa, namun skill yang didapatkan bisa bertahan lama.

Saat ini, menurutnya skill yang meningkat tajam adalah mengenai skill digital. Dia menjelaskan jika masyarakat harus menjadi generasi tech savvy.

"Di hari begini ini, skill yang mungkin meningkat tajam itu adalah skill digital, digital marketing. Kita harus jadi generasi yang tech savvy, bukan berarti harus bisa coding, tapi bisa melek segala macem yang berhubungan dengan komputer," jelas Denni.

Berikut ini cara mendaftar Kartu Prakerja:

  1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
  2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun
  3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka
  4. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading