Jangan Iri! Ini 9 Kota yang Sudah Nikmati Internet 5G di RI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 August 2021 17:50
Gambar Konten, 5G

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak pertengahan tahun ini, Indonesia telah masuk ke era 5G. Namun baru 9 kota yang bisa mengakses jaringan cepat tersebut.

"Sejak Mei 2021, layanan komersial 5G hadir setidaknya di 9 kota yaitu Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikapapan, Makassar, Surakarta, Surabaya dan Denpasar dan Medan," kata Menteri Kominfo, Johnny Plate dalam Konferensi Pers Hasil Uji Laik Operasi Penyelenggaraan Seluler 5G PT XL Axiata, Kamis (12/8/2021).

Sebelumnya, baru dua operator seluler yang telah meluncurkan layanan 5G di Indonesia. Telkomsel jadi yang pertama di Indonesia menggelar 5G, perusahaan memulai debut nya pada Mei lalu.


Saat memperkenalkan 5G, Telkomsel menghadirkan di sejumlah kota yakni Jabodetabek, Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung.

Khusus untuk wilayah Jabodetabek, Jaringan 5G tersedia di Alam Sutera, BSD, Kelapa Gading, PIK, Pondo Indah, dan widya Chandra.

Sementara itu, Indosat jadi operator kedua yang merilis layanan jaringan 5G. Pada Juni lalu, perusahaan mengumumkan cakupan wilayahnya adalah di Solo, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

Sementara itu XL Axiata baru saja mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO), dengan begitu dapat menyusul dua perusahaan lain untuk bisa menggelar 5G di Indonesia. Johnny menyebutkan Uji Laik Operasi (ULO) XL dilakukan pada tanggal 3-5 Agustus 2021 di wilayah Depok.

Sebagai informasi XL akan menggelar 5G di spektrum frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 30 Mhz. Sementara rentang frekuensinya berada diantara 1807,5Mhz-1827,5 Mhz.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini tidak menjelaskan wilayah mana saja yang akan bisa mengakses 5G dari XL nantinya. Namun dia mengatakan setelah mendapatkan izin, pihaknya siap menggelar layanan dan jaringan 5G serta secara bertahap akan memperluas cakupan wilayah.

"Selain itu kami akan juga mempercepatkan menyiapkan ekosistem yang diperlukan, serta fiberisasi jaringan," jelas Dian.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menkominfo Beberkan Kendala RI Kembangkan Jaringan 5G


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading