Bunda, Ini Cara Dapat Kuota Internet Gratis Kemendikbud

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 August 2021 15:10
Belasan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar sistem online di ruang aula kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program bantuan kuota internet gratis Kemendikbud resmi diperpanjang selama tiga bulan guna mendukung program belajar dari rumah selama pandemi Covid-19.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan bantuan ini akan disalurkan kepada 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen dengan anggaran mencapai Rp 2,3 triliun.

Kuota internet Kemendikbud ini akan dikirimkan pada tanggal 11-15 setiap bulannya. Kuota internet akan dikirimkan pada bulan September, Oktober, dan November 2021.


Setiap peserta nantinya akan mendapatkan kuota internet sesuai dengan jenjang pendidikan. Yakni:

  • Peserta Didik jenjang PAUD mendapat 7 GB/bulan
  • Peserta Didik jenjang SD, SMP, dan SMA mendapat 10 GB/bulan
  • Pendidik Jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA mendapat 12 GB/bulan
  • Dosen dan mahasiswa mendapat 15 GB/bulan.

"Bantuan ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran. Kami juga memiliki kuota umum yang memberikan akses ke semua laman dan aplikasi kecuali yang diblokir Kominfo dan tidak tercantum dalam situs pembelajaran," jelas Nadiem dikutip Kamis (5/8/2021).

Untuk mendapatkan bantuan ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh siswa, mahasiswa, dosen, dan guru. Berikut syaratnya:

  • Siswa PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah: memiliki nomor ponsel aktif baik atas nama orang tua, keluarga, atau nama siswa tersebut. Selain itu juga siswa terdaftar di Dapodik.
  • Guru: disyaratkan harus terdaftar di Dapodik dan juga memiliki nomor HP yang aktif.
  • Mahasiswa: harus terdaftar di PPDIKTI sebagai mahasiswa aktif. Selain itu jugaa memiliki nomor ponsel aktif. Mahasiswa juga wajib memilki kartu rencana┬ástudi pada semester yang berjalan.
  • Dosen: harus terdaftar PPDIKTI sebagai dosen aktif. Lalu memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, NUP) dan juga memiliki nomor ponsel yang aktif.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading