Cara Pakai View Once WhatsApp, Hapus Foto & Video Otomatis

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 August 2021 10:10
FILE - This Friday, March 10, 2017, file photo shows the WhatsApp communications app on a smartphone, in New York. WhatsApp says a vulnerability in the popular communications app let mobile phones be infected with sophisticated spyware with a missed in-app call alone. (AP Photo/Patrick Sison, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp kembali menghadirkan fitur baru dalam platformnya bernama View Once. Konsepnya seperti fitur serupa di Instagram yakni pengguna hanya bisa melihat foto dan video yang dikirimkan satu kali setelah dibuka.

Dalam blog resminya, WhatsApp mengatakan tujuan fitur ini adalah memberikan pengguna kontrol besar pada privasi mereka di platform. Perusahaan mengatakan jika tidak semua konten foto dan video yang dibagikan perlu jadi catatan digital permanen.

Sementara itu pada banyak HP, mengambil foto sudah akan menghabiskan ruang di kamera, ungkap WhatsApp.


"Itulah mengapa hari ini kami meluncurkan foto dan video View Once baru yang menghilang dari obrolan setelah dibuka, memberi pengguna kontrol besar atas privasi mereka," tulis WhatsApp dikutip Rabu (4/8/2021).

WhatsApp mengatakan pada semua pesan pribadi yang dikirimkan, View Once dilindungi end-to-end encryption jadi perusahaan tidak bisa melihat isinya. Pesan juga akan ditandai sebagai ikon 'one-time'.

Setelah media dibuka, maka pesan akan muncul sebagai 'opened' jadi tidak akan membuat bingung pada kolom chat.

WhatsApp menjelaskan fitur akan diluncurkan kepada semua pengguna mulai minggu ini. "Menantikan feedback mengenai cara baru ini untuk mengirim media pribadi dan menghilang," kata WhatsApp.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih gambar atau video yang akan dikirimkan, selanjutnya lihat sisi bawah kolom teks, disebelah kiri tombol kirim terdapat ikan angka '1' dalam lingkaran. Klik ikon itu sampai muncul pop-up berbunyi "Photo set to view once". Setelahnya kirim foto atau video.

Sementara itu, WhatsApp juga memberi sejumlah catatan penting pada fitur barunya itu. Meski fitur ini hanya bisa dilihat satu kali, namun ada kemungkinan penerima pesan melakukan screen shot atau merekam layar sebelum menghilang bahkan mengambil foto atau video dengan perangkat lain.

WhatsApp juga mengatakan ada kemungkinan media disimpan dalam beberapa minggu di server WhatsApp setelah dikirimkan. Pesan View Once juga bisa dilaporkan pengguna di WhatsApp.

Selain itu, juga ada beberapa informasi lain mengenai View Once:

  1. Media tidak akan tersimpan pada Foto atau Galeri penerima pesan.
  2. Setelah mengirimkan foto dan video, pengirim tidak akan bisa melihatnya lagi.
  3. Pengguna tidak bisa menyimpan, menandai, atau membagikan foto atau video yang dikirimkan atau diterima dengan tampilan setelah diaktifkan.
  4. Pengguna hanya bisa melihat apakah penerima telah membuka tampilan setelah foto atau video jika mereka mengaktifkan tanda terima.
  5. Jika pengguna tidak membuka foto atau video selama 14 hari setelah dikirim maka media akan kadaluwarsa dari chat.
  6. pengguna harus memilih tampilan view once pada media setiap kali ingin mengirimkan tampilan sekali pada konten.
  7. Fitur ini bisa dipulihkan dari cadangan apabila pesan belum dibuka saat dicadangkan. Jika sudah difoto maka media tidak disertakan dalam cadangan dan tidak bisa dipulihkan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading