Wah, WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Foto Berkualitas Tinggi Lho

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 July 2021 14:50
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to logos of social media apps Signal, Whatsapp and Telegram projected on a screen in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC IndonesiaWhatsApp memiliki kemampuan yang memungkinkan para pengguna bertukar foto dan video dalam platform. Namun hingga saat ini, konten yang dikirim akan dikompres dan ukurannya lebih kecil.

Namun, menurut laporan WaBetaInfo, WhatsApp sedang menyiapkan fitur agar pengguna bisa mengirimkan foto dan video dalam kualitas setinggi mungkin.

Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi mengubah foto dan video menjadi dokumen seperti yang dilakukan saat ini. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga ukuran konten seperti aslinya.

Dalam screenshot yang dibagikan WaBetaInfo, terlihat WhatsApp memberikan tiga pilihan kualitas foto dan video yang akan dikirim. Terdapat Auto (recommended), Best Quality, dan Data Saver.

Pilihan Auto (recommended) adalah WhatsApp mendeteksi algoritma kopresi terbaik untuk gambar tertentu. Sementara Best Quality, platform akan mengirimkannya dengan kualitas terbaik yang tersedia. Pilihan terakhir yaitu Data Saver membuat kompresi diaktifkan saat penghemat data diaktifkan.

Saat ini, fitur tersebut sedang dalam tahap pengembangan untuk aplikasi Android. Belum diketahui kapan pastinya fitur akan tersedia untuk pengguna lebih luas.

Namun, menurut laporan WaBetaInfo, fitur akan tersedia dalam update mendatang dalam pengujian beta, dikutip Minggu (11/7/2021).



Sementara itu, WhatsApp memang menyiapkan banyak fitur untuk penggunanya. Selain fitur untuk mengatur kualitas foto ini, WhatsApp diketahui akan merilis fitur multi device.

Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan satu akun untuk banyak perangkat. Kehadiran fitur tersebut telah dikonfirmasi oleh Kepala WhastApp Will Catchart dan CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Terungkap jika multidevice akan terhubung pada empat perangkat sekaligus nantinya. Namun saat ini fitur multidevice baru tersedia untuk pengujian beta pada versi desktop, web dan portal.

Sementara itu kedua pimpinan tersebut juga menjanjikan pengujian beta untuk iOS dan Android akan segera dilakukan dalam beberapa bulan lagi.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading