World Bank: Cuma 4% Warga RI Pakai Internet Fixed Broadband

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 July 2021 10:55
Infografis: Hai IndiHome & First Media, Selamat Hadapi PLN & Jasa Marga!

Jakarta, CNBC Indonesia - Wolrd Bank mengungkapkan kebanyakan warga Indonesia menggunakan internet mobile. Hanya 4% yang terhubung dengan internet fixed broadband.

"Sebagian besar orang Indonesia terhubung ke Internet menggunakan perangkat seluler. Hanya 4% terhubung ke fixed broadband dan Indonesia tertinggal dari banyak tetangga di regional," kata Sailesh Tiwari dari World Bank, dikutip dari akun Twitter World Bank Indonesia, Kamis (29/7/2021).

Sailesh menambahkan jika kualitas, keandalan internet merupkanĀ tantangan lain dari beberapa wilayah di negara.


"Kualitas, keandalan internet adalah tantangan lain di berbagai bagian di negara," ungkapnya.

Dari laporan World Bank, terdapat sejumlah alasan kenapa masyarakat Indonesia tidak berlangganan fixed broadband. Terbanyak dengan jumlah 44% beralasan harganya mahal.

Selain itu punya mobile internet menjadi alasan tidak berlangganan fixed broadband. Jumlah yang memilih alasan ini adalah sebanyak 24%.

Lalu ada alasan lain tidak adanya provider sebanyak 14%. Sementara itu alasan tidak butuh dan kecepatan rendah masing-masing 8% dan 4%.

World Bank juga membagi alasan berbasis wilayah. Alasan tidak berlangganan fixed broadband arena memiliki mobile terbanyak berasal dari Jawa-Bali.

Sementara itu tidak adanya provider terbanyak berasal dari Papua dan Nusa tenggara. Alasan kemahalan di urutan pertama ada di Bali, Sulawesi, dan Maluku.

Dari segi kecepatan internet baik mobile atau fixed broadband dipegang oleh Singapura. Negara itu memiliki kecepatan 54,37 Mbps untuk mobile dan fixed broadband sebesar 197,26 Mbps.

Di bawah Singapura ada Vietnam, Thailand, Brunei, Myanmar, Laos, Malaysia, Kamboja, dan Fillipina. Baru setelah itu ada Indonesia dengan 14,05 Mbps.

Sementara itu pada fixed broadband, terdapat gap besar antara Singapura dengan kecepatan internet di Indonesia yakni 20,03 Mbps. Sejumlah negara yang ada di atas Indonesia, selain Singapura ada Thailand, Malaysia, Vietnam, Laos, Fillipina, Brunei dan Kamboja.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading