Saat Bumi Berhenti Berputar, Ini yang Mungkin Akan Terjadi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 July 2021 08:05
Sungai Nil, Laut Merah dan Laut Mediterania (10/6/2019) (Johnson/Nasa)


Sungai Nil, Laut Merah dan Laut Mediterania dipisahkan oleh berbagai negara bergurun sepreti Mesir, Arab Saudi, Israel dan Yordania seperti terlihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional yang mengorbit 254 mil di atas Afrika.

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada sejumlah skenario jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar. Sebagian besar bukanlah hal yang baik.

Jika harus digambarkan, kira harus membayangkan duduk dalam sebuah mobil yang berjalan hingga 100 mil perjam atau 160,9 km perjalan. Setelah itu mobil ditabrakkan ke kendaraan tanpa menggunakan sabuk pengaman. Perlu diingat untuk tidak melakukan hal ini.

Kejadian ini akan membuat mobil menghentikan orang bergerak di dalamnya atau membuatnya terbang. Mungkin skenario ini yang akan terjadi saat Bumi berhenti berputar.


Diprediksi semua yang ada di Bumi akan terbang ke timur dengan kecepatan 1.100 mil perjam (1.770 km per jam) ungkap Neil deGrasse Tyson, seorang ahli astrofisika AS.

Namun ini semua ternyata hanya bagian permulaan. Sebab melalui eksperimen pikiran oleh ahli geologi senior emeritus di Smithsonian's National Air and Space Washington DC bernama James Zimbelman, saat Bumi tidak berotasi maka akan berdampak pada atmosfer.

Melansir Sputniknews, Kamis (29/7/2021), akan ada angin yang kuat di Bumi dan juga sebuah tsunami besar nantinya.

Selain itu di wilayah ekuator juga mengalami perubahan. Bagian tonjolan akan rata dan membuat Samudera dan lautan pergi menuju ke wilayah dengan tempat terkuat gravitasi, kutub.

Maka Bumi akan memiliki dua Samudera terkuat di bagian utara dan selatan. Sementara benua berukuran besar akan berada di bagian tengahnya.

Rotasi Bumi sendiri terjadi hampir 24 jam yang kita sebut sebagai satu hari. Namun itu tidak akan terjadi saat Bumi berhenti berputar.

Jika itu terjadi, maka satu hari akan berlangsung selama satu tahun. Matahari akan bisa terlihat selama enam bulan, dan setengah tahun berikutnya merupakan waktu malam.

Medan magnet secara bertahap akan memudar dan hilang dari Bumi. Nantinya tidak ada perlindungan dari angin Matahari, sinar kosmik, dan radiasi yang bisa membunuh kehidupan yang ada di planet ini.

Namun skenario terbaik, para ilmuwan meragukan jika Bumi berhenti berputar akan terjadi. Setidaknya di kehidupan kita saat ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading