Airlangga: Potensi Ekonomi Digital RI Capai Rp 1.700 T

Tech - yun, CNBC Indonesia
26 July 2021 17:40
Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital” secara virtual di Jakarta, Senin (26/7/2021). (Dok: tangkapan layar Garb)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar dengan banyaknya pendukung yang ada.

"Pengguna ponsel 124% dari total populasi. Pandemi mampu mendorong peningkatan penetrasi internet 196 juta. Traffic internet naik 15-20% berdasarkan riset Google dan Temasek tahun 2020," katanya dalam "Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital" secara virtual di Jakarta, Senin (26/7/2021).

Dia juga mengatakan, terjadi peningkatan jumlah konsumen baru di ekonomi digital yang mencapai 37%. Dari sisi jumlah tersebut mereka menyatakan akan tetap memanfaatkan ekonomi digital meski pandemi usai.


"Dari sisi pelaku usaha, sekitar 45% pelaku usaha berjualan online dan 1 dari 5 adalah pendatang baru. Potensi ini perlu dimanfaatkan optimal agar sektor ekonomi berkembang. Sehingga pada 2025 bisa merealisasikan nilai transaksi ekonomi digital US$ 124 miliar atau Rp 1.700 triliun bahkan lebih tinggi," tegasnya.

Untuk itu diperlukan sinergi seperti yang dilakukan oleh Grab dan Emtek, agar dapat mendorong ekonomi nasional dan mengakselerasi pengembangan ekonomi digital Indonesia. Sinergi keduanya menurut dia bisa membantu pengembangan ekonomi Indonesia, mendorong ke akses teknologi, pilar literasi dan ketersediaan talenta serta fasilitas layanan digital dan perluas layanan informal.

"Pada masa pandemi, perubahan perilaku masyarakat dipengaruhi oleh PPKM dan kegiatan ekonomi sehingga banyak yang di rumah yang memanfaatkan teknologi digital. Pandemi juga mendorong masyarakat berwirausaha memanfaatkan teknologi digital. Ini sejalan dengan arahan Presiden agar pandemi mempercepat transformasi digital," tegasnya lagi.

Untuk itu dia mengapresiasi Grab dan Emtek yang telah bekerjasama dalam memberikan ruang guna mempercepat transformasi digital. Kerjasama keduanya melalui festival kota mapan yang untuk pertama kalinya akan diadakan di Kota Solo pada September mendatang.

"Kami selalu memberikan dukungan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading